Comscore Tracker

Ketika Persib Salahkan Wasit, Persebaya Tunjukan Kualitas

Kedua tim akan bertemu pada pertandingan kedua

Bandung, IDN Times - Pembukaan turnamen Piala Presiden 2019 memberikan kejutan bagi tim tuan rumah Persib Bandung. Tim kesayangan masyarakat Jawa Barat ini harus takluk 1-2 di tangan sang tamu, PS Tira-Persikabo, di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (2/3).

Sedangkan pada pertandingan kedua di stadion yang sama, Persebaya Surabaya berhasil menunjukan kualitasnya dengan unggul 3-2 setelah pada babak pertama harus tertinggal lebih dulu 0-2 dari Perseru Serui.

1. Unggul di atas kertas

Ketika Persib Salahkan Wasit, Persebaya Tunjukan KualitasIDN Times/Galih Persiana

Selain berposisi sebagai tuan rumah dengan dukungan masyarakat Jawa Barat, di atas kertas Persib sebenarnya lebih unggul dibandingkan PS Tira-Persikabo. Meski ditinggal sejumlah pemain pilar musim lalu, Persib mendapat pasokan tak kalah mumpuni seperti Serdan Lopicic, Esteban Viscara, Erwin, dan beberapa pemain muda.

Pada klasemen Liga Indonesia tahun lalu pun, Persib berhasil menempati posisi ke-4, sedangkan PS Tira-Persikabo yang sebelumnya bernama PS Tira hanya berada di urutan ke-15, satu tangga di atas tiga klub yang terdegradasi. Sayangnya komposisi pemain dan dukungan se-isi stadion gagal membuat Persib pulang dengann senyum lebar.

2. Menyayangkan kinerja wasit

Ketika Persib Salahkan Wasit, Persebaya Tunjukan KualitasIDN Times/Galih Persiana

Pada pertandingan yang dihadiri puluhan ribu bobotoh di Stadion Si Jalak Harupat, Persib sebenarnya cukup mendominasi pertandingan. Beberapa peluang sempat diciptakan, bahkan salah satu kesempatan mencetak gol Persib terbentur mistar gawang.

Sejak babak pertama hingga 90 menit pertandingan berlangsung, beberapa kontak fisik maupun handball sempat diklaim sebagai pelanggaran di kotak penalti. Sayangnya wasit tak mengindahkan hal tersebut dan tetap membiarkan permainan berjalan.

Kerugian ini pun sempat dilontarkan pelatih Persib, Miljan Radovic. Pada konferensi pers usai pertandingan, Radovic sempat enggan menjawab pertanyaan wartawan mengenai kinerja wasit. Namun, setelah ditanya beberapa kali, dia akhirnya meluapkan kekesalannya dengan berkata bahwa kinerja wasit terlihat kurang maksimal.

"Jujur saya pikir kondisi seperti ini tidak baik. Karena saya lihat seharusnya bisa tiga sampai lima kali ada penalti," ujar Radovic.

Baca Juga: [FOTO] Melihat Aksi Bobotoh Persib di Laga Perdana Piala Presiden 2019

3.Manager Persib menyebut kekalahan Persib tak semestinya

Ketika Persib Salahkan Wasit, Persebaya Tunjukan KualitasManajer Persib Bandung, Umuh Muchtar. (IDN Times/Imam Rosidin)

Rasa marah justru diperlihatkan manajer Persib Umuh Muchtar. Dia menilai permainan timnya selama dua kali 45 menit berimbang melawan PS Tira-Persikabo, bahkan lebih memiliki kesempatan menciptakan gol.

Namun melihat kinerja wasit, Umuh menyebut mereka tidak bekerja dengan benar. "Jangan-jangan yang lama-lama (wasit senior) ini punya dendam sama Persib," ujar Umuh.

Dia tidak ingin menyalahkan pemain dalam kekalahan pertandiangan pertama di turnamen ini, karena Umuh melihat permainan Persib sudah baik di bawah asuhan pelatih baru. "Kalau jelek (permainan) saya marah. Ini mutlak kesalahan wasit," paparnya.

Pada pertandingan ini, hakim pengadil Purba Adi Wicaksana beberapa kali memang mendapa sorakan cemooh dari bobotoh yang berada di tribun. Hal ini lantaran keputusan yang dia ambil dianggap merugikan Tim Pangeran Biru.

Baca Juga: Usai Menang, Tira-Persikabo Buka-bukaan tentang Kelemahan Persib

4. Persebaya sukses mengunci puncak klasemen

Ketika Persib Salahkan Wasit, Persebaya Tunjukan KualitasIDN Times/Debbie Sutrisno

Disaat Persih harus tertunduk lesu, saudara dari Jawa Timur, Persebaya, justru berhasil memperlihatkan kekuatan salah satu tim besar sepakbola Indonesia. Persebaya sukses meraih tiga poin dan saat ini duduk sebagai pemuncak klasemen grup.

Di bawah guyuran hujan yang cukup deras sepanjang pertandingan, anak asuhan asisten pelatih Soegijantoro ini harus masuk ke kamar ganti usai babak pertama dengan ketinggal 0-2. Perseru Serui berhasil memanfaatkan serangan balik cepat yang mampu menghasilkan gol lewat Nur Akbar Munir pada menit ke-35 dan Delfin Rumbino menit ke-39.

Namun, bukan Persebaya jika bermain tanpa semangat tempur. Pada 45 menit babak kedua Persebaya terus menekan dengan menghasilkan banyak peluang. Hasilnya mereka berhasil merobek gawang Perseru yang dijaga Miswar Saputra sebanyak tiga kali. Gol diciptakan oleh Otavia Dutra ment ke-63, Amino Balde menit ke-88, dan Manucher Jalilov menit ke-89. Skor pun berbalik menjadi keunggulan Persebaya 3-2 Perseru.

Dengan hasil ini, Persebaya berhak duduk di posisi pertama Grup A, memiliki poin sama dengan PS Tira-Persikabo. Hanya saja Persebaya memiliki jumlah gol lebih banyak.

5. Tidak mau dihujan suporter

Ketika Persib Salahkan Wasit, Persebaya Tunjukan KualitasIDN Times/Edwin Fajerial

Dalam konferensi pers usai pertandingan, asisten pelatih Persebaya Soegijantoro atau akrab disapa Bejo mengatakan, saat turun minum, pelatih Jajang Nurjaman yang tidak ada di tempat memberikan sejumlah intruksi setelah dia melihat melalui layar televisi.

Bejo pun tak lupa memotivasi seluruh permain Persebaya agar bisa tampil maksimal dan membawa pulang tiga poin pada laga perdana ini.

"Saya bilang ke mereka, permainan pada babak pertama bukan karakter Persebaya. Makanya pada babak kedua harus dikeluarkan (semua kemampuan). Jangan mau dihujat lagi sama suporter," kata Bejo menjelaskan apa yang membuat Persebaya tampil apik.

Bejo mengatakan, suporter Persebaya kerap menghujat pemain jika permainan mereka buruk. Hal itu merupakan sesuatu yang wajar. Meski demikian, para pemain tidak seharusnya mendapat hujatan, untuk itu pemain Persebaya di lapangan harus bisa memberikan penampilan terbaik bagi seluruh Bonek.

Baca Juga: [FOTO] Handball Manahati Lestusen Tertangkap Kamera, Persib Meradang

6. Persib vs Persebaya bertemu pada 7 Maret

Ketika Persib Salahkan Wasit, Persebaya Tunjukan KualitasIDN Times/Galih Persiana

Persib nampaknya harus bekerja keras untuk mengamankan satu tiket ke babak selanjutnya turnamen Piala Presiden 2019. Namun, lawan pada babak kedua yang telah menanti adalah Persebaya. Pertandingan ini rencananya akan diadakan pada Kamis (7/3) di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Bejo mengatakan, tidak melihat permainan Persib di bawah asuhan pelatih baru. Persebaya hanya berupaya mencari cara bermain tim yang memang pas untuk menghadapi tim manapun dalam semua kompetisi.

Topic:

  • Debbie sutrisno
  • Yogi Pasha

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 07:45:04

Progress: 765.203 dari 813.350 TPS (94.08041%)

Just For You