Comscore Tracker

Alasan Manajemen Kukuh Ingin Stadion GBLA Jadi Markas Persib

Persib lahir di Bandung dan harus bermain Bandung

Bandung, IDN Times - PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) bersikeras ingin Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) menjadi markas tim Persib melakoni laga kompetisi Liga 1 musim 2022/2023. Meski ada kasus meninggalnya dua suporter dalam laga Piala Presiden yang dihelat beberapa waktu lalu, manajemen bertekad agar GBLA bisa menjadi kandang Maung Bandung ke depannya.

PT PBB pun telah mengajukan Stadion GBLA sebagai home base ke PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam mengarungi pertandingan Liga Indonesia musim mendatang. Direktur PT PBB Teddy Tjahjono mengatakan, kehadiran stadion bagi tim merupakan sebuah kebanggan tersendiri.

“Karena menjadi sebuah kegiatan sakral bertemunya sesama suporter dalam mendukung tim kebanggaan dalam sebuah momen pertandingan,” kata Teddy melalui siaran pers dikutip IDN Times, Senin (18/7/2022).

1. Persib lahir dan berkembang di Kota Bandung

Alasan Manajemen Kukuh Ingin Stadion GBLA Jadi Markas PersibPersib berhasil menang atas Borneo FC dalam laga lanjutan Liga 1 2021/22, tapi dua penyerang asal Brasil, yakni David da Silva dan Bruno Cantanhede masih belum juga berhasil membuka keran golnya. (persib.co.id)

Semangat itulah yang dimiliki Persib sebagai salah satu klub sepakbola profesional di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1933 dalam menunjuk Stadion GBLA sebagai home base.

Bukan tanpa alasan mengapa manajemen ingin Stadion GBLA menjadi rumah bagi tim berjuluk Maung Bandung. Catatan sejarah Persib yang menyatakan bahwa tim ini lahir dan besar di Kota Kembang, sehingga sudah semestinya Persib harus bermarkas dan bermain di Kota Bandung.

“Persib sangat kental dengan Stadion Siliwangi di eranya pada zaman dulu. Namun adanya Stadion Gelora Bandung Lautan Api yang resmi beroperasi pada 2013 lalu dan berlokasi di jantung Kota Bandung menjadi sebuah harapan kembali untuk Persib dalam mengukir sebuah tinta emas di kandang sendiri dan tidak harus menumpang di home base tim lain,” ujar dia.

Selama ini, Persib memang rutin berlaga di Stadion Si Jalak Harupat. Secara status, stadion yang terletak di daerah Soreang tersebut merupakan markas dari Persikab Kabupaten Bandung.

2. Persib sudah terlalu lama bermain di luar Kota Bandung

Alasan Manajemen Kukuh Ingin Stadion GBLA Jadi Markas PersibAntara Foto

Menurut Teddy, kehadiran Stadion GBLA yang sudah bisa digunakan, memunculkan kembali semangat tim asuhan Robert Albert itu untuk bisa bermain di kandang sendiri.

Demi mewujudkan impiannya itu, berbagai perbaikan fasilitas stadion pun terus dilakukan. Mulai dari perbaikan kualitas lapangan, pemasangan LED Board di samping lapangan, penerangan pembagian ring di gate stadion, hingga perbaikan berbagai fasilitas lain.

“Perbaikan demi memberikan kenyamanan dan keamanan bagi seluruh bobotoh (pendukung Persib) yang hadir ke dalam stadion dan juga bagi tim Persib sendiri,” ujarnya.

3. PT PBB pastikan pengelolaan stadion ini dilakukan sebaik mungkin

Alasan Manajemen Kukuh Ingin Stadion GBLA Jadi Markas PersibStadion GBLA (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Berdasarkan penjelasan itu, kata Teddy, tidak ada alasan lain bagi Persib untuk tidak menjadikan Stadion GBLA sebagai markas mereka.

“Karena, pengelolaan secara profesional juga akan dilakukan sepenuhnya oleh Persib,” katanya.

Baca Juga: PT PBB Kembali Ajukan Stadion GBLA Jadi Homebase Persib untuk Liga I

Baca Juga: Jadwal Liga 1 2022/23 Terbit, Persib Tetap Banyak Main Malam

Baca Juga: Yana Mulyana Siap Diperiksa Atas Kasus Meninggalnya 2 Bobotoh di GBLA

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya