Prawira Bandung Juara IBL 2023, Menpora: Ini Energi Baru

Prawira Harum Bandung berhasil tumbangkan Pelita Jaya

Bandung, IDN Times - Prawira Harum Bandung (PHB) resmi menyandang gelar juara Indonesia Basketball League (IBL) 2023. Tim Bandung berhasil membekuk Pelita Jaya 63-58 di C-Tra Arena Bandung, pada Sabtu (22/7/2023).

Lewat pertandingan ini, beberapa pejabat turut hadir langsung, salah satunya Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo. Dia merasa takjub dengan antusias pertandingan Final IBL 2023 ini.

"Ini membangkitkan atmosfer bola basket di Indonesia ya. Hari ini kita merasa senang, Prawira Bandung di mana sudah 25 tahun terakhir juara basket ini," ujar Dito.

Dito juga ikut menyerahkan langsung piala IBL 2023 pada Prawira Harum Bandung. Menurutnya, laga kali ini menjadi semangat baru dalam dunia basket Indonesia, dan berdampak luas.

"Jadi ini suatu energi baru, dan saya yakin ini akan berdampak seluruh sistem basket di Indonesia," ucapnya.

Gelaran IBL 2023, dirasakan Dito sudah berjalan dengan maksimal. Hal ini dikarenakan aturan penanganan pandemik COVID-19 juga sudah mulai dilonggarkan. Sehingga, pertandingan bisa berjalan normal.

"Penyelenggaraan untuk tahun ini sudah sangat baik, apalagi ini pascapandemi dan sistem home away ini terbukti bisa mengangkat gairah pertandingan saat masing-masing tim menjadi tuan rumah," kata dia.

Untuk diketahui, Prawira Bandung melaju ke final IBL 2023 usai mendapatkan kemenangan kedua dari Dewa United pada semifinal di GOR Ctra Arena, Bandung pada Sabtu (15/7/2023). Prawira Bandung mampu unggul 88-80.

Sebelumnya, Prawira telah mengalahkan Dewa United dalam laga babak semifinal pertama di di Sritex Arena Solo pada Kamis, 13 Juli 2023. Francis dan Yudha Saputera yang tampil menawan sepanjang laga, mampu membawa klub asal Kota Kembang ini menang  83-74.

Kini, Prawira Harum Bandung berhasil menumbangkan Pelita Jaya dengan sekor 63-58 dan menjadi juara IBL 2023.

Baca Juga: Penantian 25 Tahun Usai, Prawira Bandung Juara IBL 2023

Baca Juga: Bintang Prawira Dipastikan Absen di Gim Kedua Final IBL 2023

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya