Comscore Tracker

Peparnas XVI Papua 2021, Atlet Jabar Raih 19 Medali 

Jabar mendeuduki urutan kedua setelah tuan rumah Papua

Bandung, IDN Times - Atlet asal Jawa Barat (Jabar) meraih 19 medali dalam Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021. Raihan itu membawa Jabar dalam posisi dua klasmen smentara.

Dilansir situs resmi Peparnas 16 Papua Indonesia pada Senin (8/11/2021), Jabar sudah meraih 8 emas, 7 perak, dan 4 perunggu. Jabar kalah satu perunggu dari tuan rumah Papua yang duduk di urutan pertama klasemen sementara, dengan 8 emas, 7 perak, dan 5 perunggu.

1. Delapan emas merupakan awal yang baik

Peparnas XVI Papua 2021, Atlet Jabar Raih 19 Medali Humas/Pemprov Jabar

Jabar meraih emas pertama berasal dari cabang olahraga (cabor) atletik. Hal itu dipersembahkan oleh atlet atletik Bayu Ari Sadewa alias Bayu, setelah mencapai garis finis pertama dalam kelas T+54 (Rungu Wicara) di nomor 1.500 meter pada Sabtu (06/11/2021).

"Delapan emas yang kita raih hari ini awal yang baik untuk meraih emas di hari berikutnya. Total emas di cabor atletik yang diperebutkan sebanyak 203 keping," ujar Manajer Atletik Kontingen Peparnas Jabar, Seni Aprilianty, melalui keterangan resminya, Seni (8/11/2021).

2. Emas diraih di luar prediksi pelatih

Peparnas XVI Papua 2021, Atlet Jabar Raih 19 Medali Istimewa

Sedangkan, pelatih atletik National Paralimpik Committee Indonesia (NPCI) Jabar, Kevin Fabiano mengatakan, medali emas pertama yang berhasil diraih pada hari ini merupakan kejutan. Sebelumnya, ia hanya meminta para atlet bermain dengan riang.

"Target tidak muluk-muluk yang penting kami tekankan sekali lagi untuk tampil tanpa beban. Kami yakin target sesuai kami harapkan, dan jangan terbebani medali," ujar Kevin.

3. Atlet jangan dibebani dengan raihan medali

Peparnas XVI Papua 2021, Atlet Jabar Raih 19 Medali Istimewa

Selama mendidik atlet, Kevin mengatakan, tidak ada tekanan agar para anak didiknya mengantongi emas. Menurutnya, dengan mendorong atlet bermain lepas, maka medali emas bisa tercapai. Hal ini terjadi pada Bayu Ari Sadewa.

"Saya suruh tanding bebas, fun, dan tanpa beban. Ini emas pertama dari Bayu Ari Sadewa klasifikasi T+54 atau tunarungu di nomor 1.500 meter. Alhamdulillah sesuai dengan target dan terbukti," ucapnya.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Kembali ke Papua Buka Pekan Paralimpik Nasional

Baca Juga: Pekan Paralimpik Provinsi, Jadi Tantangan 10 Atlet Difabel Kediri 

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya