Tes Cepat Corona Kota Bandung: 7 Warga Positif COVID-19

Sebanyak 198 dari 300 warga ikut rapid test di Bandung

Bandung, IDN Times - Gugus Tugas COVID-19 Kota Bandung melaporkan hasil rapid test yang diikuti sebanyak 198 warga di Balaikota dan Gedung Sate pada Sabtu(4/6) telah selesai dilakukan. Hasilnya, dari tes cepat virus corona itu diketahui sebanyak 7 warga dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Koordinator Bidang Perencanaan, Data, dan Analisis Gugus Tugas COVID-19 Kota Bandung Ahyani Raksanagara mengatakan, pelaksanaan rapid test yang diikuti 198 warga dilakukan di dua tempat yakni Balaikota Bandung dan Gedung Sate.

Berdasarkan laporan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung diketahui sebanyak tujuh warga dinyatakan positif berdasarkan hasil rapid test.

"Ada 198 warga yang ikut dari 300 undangan. Hasilnya, ada tujuh warga yang positif," kata Ahyani di Balaikota Bandung, Senin(6/4).

1. Akan dilanjutkan dengan tes swab

Tes Cepat Corona Kota Bandung: 7 Warga Positif COVID-19IDN Times/Yogi Pasha

Ahyani menyebutkan, tujuh warga yang diketahui positif berdasarkan hasil tes cepat akan dilakukan uji lanjutan dengan mengambil sampel swab di rumah sakit. 

"Mereka yang hasil rapid test, akan diperiksa satu kali lagi dengan tes swab. Karena, rapid test ini belum tentu positif corona," ujar dia.

2. Mereka yang positif rapid test wajib karantina mandiri hingga hasil swab keluar

Tes Cepat Corona Kota Bandung: 7 Warga Positif COVID-19Dok.Humas Jabar

Ahyani mengungkapkan, ketujuh warga yang dinyatakan positif berdasarkan hasil rapid test wajib menjalani karantina mandiri di rumah. Mereka harus menunggu hingga hasil tes swab keluar.

"Mereka tidak dirawat di rumah sakit. Cukup karantina mandiri dengan tahapan-tahapan yang sudah dianjurkan. Tunggu hingga hasil swab dari provinsi," kata dia.

3. Penyebaran virus corona di Bandung sudah terjadi di seluruh wilayah

Tes Cepat Corona Kota Bandung: 7 Warga Positif COVID-19IDN Times/covid19.bandung.go.id

Ahyani menyebutkan, kasus penyebaran virus corona sudah terjadi di seluruh wilayah di Kota Bandung. Sebanyak 30 kecamatan di Kota Bandung sudah terdapat kasus COVID-19 baik orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), dan positif terinfeksi virus corona.

"Kita bisa lihat sebarannya di pusat informasi COVID-19 Bandung (covid19.bandung.go.id). Hampir semua wilayah terdapat kasus virus corona," kata dia.

Baca Juga: [BREAKING] Kasus Positif Corona Kota Bandung Sudah  Capai 66 Orang

Baca Juga: Wali Kota Bandung Minta Warga Gunakan Masker Saat Keluar Rumah

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya