Majalengka Hujan tapi Panas, Ini Penjelasan BMKG Kertajati 

Selama Desember, curah hujan di angka 254.5 mm

Majalengka, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut Desember 2023 masuk musim hujan. Namun, dalam beberapa hari terakhir, cuaca panas masih terjadi di beberapa daerah, termasuk Kabupaten Majalengka.

Khusus untuk Kabupaten Majalengka sendiri, pada Desember ini sebagian besar daerah itu memang sudah diguyur hujan.

"Berdasarkan data terbaru yang di-update pada dasarian I Desember (tanggal 10 Desember), hampir seluruh wilayah Kabupaten Majalengka sudah masuk musim hujan kecuali sebagian Kecamatan Ligung dan Sumberjaya," kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Kertajati Dyan Anggrainy, Senin (18/12/2023).

1. Pemicu cuaca panas beberapa hari terakhir

Majalengka Hujan tapi Panas, Ini Penjelasan BMKG Kertajati LatestLy

Terkait kondisi yang terjadi dalam beberapa hari terakhir, Dyan menjelaskan bahwa itu dipicu fenomena alam. Kondisi itu terjadi secara menyeluruh di wilayah Jawa.

"Dalam beberapa hari kemarin masih panas dikarenakan terdapat gangguan cuaca berupa tekanan rendah di beberapa bagian di indonesia," kata Dyan.

Kondisi itu, kata dia, memicu berkurangnya pertumbuhan awan. "Sehingga massa udara tertarik ke wilayah-wilayah tersebut, hal ini menyebabkan berkurangnya pertumbuhan awan dan hujan di wilayah Jawa, terutama Majalengka dan sekitarnya," ujarnya.

2. Curah hujan Desember di angka 254.5 mm

Majalengka Hujan tapi Panas, Ini Penjelasan BMKG Kertajati ilustrasi hujan (unsplash.com/Erik Witsoe)

Di Kabupaten Majalengka sendiri, curah hujan selama Desember ini berada di angka 254.5 mm. Kendati demikian, BMKG belum bisa menentukan kategori hujan itu, apakah ringan, sedang, atau tinggi.

"Belum bisa kami kategorikan, karena belum sampai saty bulan. Mulai dari tanggal 1 hingga 18 Desember curah hujan tercatat 254.5 mm," ungkap dia.

"Untuk menentukan kategori (ringan, sedang, atau tinggi) itu per bulan. Sekarang kan belum selesai (Bulan Desember)," ujar Dyan

3. Siang hari, Majalengka hujan merata

Majalengka Hujan tapi Panas, Ini Penjelasan BMKG Kertajati BMKG Kertajati

Sementara itu, berdasarkan prakiraan cuaca harian BMKG Kertajati, Kabupaten Majalengka diperkirakan mengalami hujan pada siang hari. Hujan akan berlangsung hingga malam hari, untuk kemudian berubah menjadi berawan pada dini hari.

Adapun suhu usaha, di angka 23-36 derajat celcius. Suhu tertinggi terjadi di Kecamatan Sindangwangi yakni 23-36 derajat celsius. Di sisi lain, kecepatan angin di kisaran 30 kilometer per jam. 

Baca Juga: Puluhan Kasus Kekerasan Anak dan Perempuan Terjadi di Majalengka

Baca Juga: Hadapi Potensi Bencana Musim Hujan, Peralatan BPBD Majalengka Minim 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya