Yana Mulyana Janji ke Ridwan Kamil Polemik GBLA Selesai 2 Bulan

Dari dulu janji terus tapi gak beres juga

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah melakukan komunikasi dengan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, terkait polemik Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Hingga saat ini, GBLA masih belum bisa digunakan untuk pertandingan resmi, khususnya Liga Indonesia.

Emil mengatakan, dalam pertemuan keduanya Yana berjanji akan menyelesaikan persoalan GBLA dalam dua bulan. "Saya minta ke Pak Yana jangan terlalu lama. Dan dia janji dua bulan akan menyelesaikan itu," kata Emil di Kota Bandung, Jumat (1/4/2022).

1. Jadi sorotan untuk kinerja wali kota

Yana Mulyana Janji ke Ridwan Kamil Polemik GBLA Selesai 2 BulanIDN Times/Debbie Sutrisno

Emil mengatakan, dia tidak bisa ikut menyelesaikan persoalan ini lebih dalam karena GBLA merupakan aset pemerintah kota. Beda cerita ketika aset ini milik Pemprov Jabar, bisa saja dirinya melakukan langkah agar stadion segera bisa digunakan untuk pertandingan resmi.

Lamanya proses perbaikan operasional GBLA pun bisa mencoreng nama baik wali kota, dalam hal ini Yana Mulyana. Karena selama dia menjabat sebagai wakil wali kota dan sekarang wali kota, persoalan ini tidak juga terselesaikan.

"Jangan lama karena tadi kan liga Indonesia juga akan muncul lagi. Ini terus disorot kinerja wali kota," ujar Emil.

2. GBLA salah satu stadion yang megah

Yana Mulyana Janji ke Ridwan Kamil Polemik GBLA Selesai 2 BulanFoto udara Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/7/2020) (ANTARA Foto/Raisan Al Farisi)

Mantan wali kota Bandung ini pun menilai bahwa Stadion GBLA merupakan salah satu stadion megah untuk menghelat pertandingan sepak bola. Tinggal butuh merapikan beberapa fasilitas agar tempat ini kemudian bisa dijadikan homebase untuk Persib Bandung mengarungi liga.

"Karena rumusnya (sebuah stadion) itu sama saja. Stadionnya, kursinya sama. Makanya tinggal dirapikan saja ya," kata dia.

3. Yana sebut ada beberapa regulasi yang harus dirampungkan

Yana Mulyana Janji ke Ridwan Kamil Polemik GBLA Selesai 2 BulanWakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sebelumnya, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, hingga sekarang proses lelang mencari pihak yang ingin mengoperasikan stadion GBLA masih berlangsung.

"Karena ternyata ada beberapa regulasi yang tetap harus ditempuh untuk bisa melakukan sampai ke proses lelang," ujar Yana, Jumat (14/1/2022).

Pemerintah Kota Bandung awalnya menargetkan Desember 2021 seluruh proses lelang rampung. Sayangnya keinginan tersebut gagal total. Hingga sekarang proses lelang belum bisa dipastikan kapan selesainya.

"Kan dari awal untuk kita bisa menyelesaikan seperti ada proses serah terima dari PT Adhi Karya ke Pemkot Bandung, itukan butuh waktu lama. Terus pengalihan pengguna barangnya dari Distaru (Dinas Tata Ruang) ke Disporanya (Dinas Pemuda dan Olahraga). Di internalnya kita lakukan terus, karena kehati-hatian lah. Tapi Insya Allah itu berproses," kata Yana.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya