Yana Mulyana Apresiasi Tim Prabu di Bandung Diaktifkan Kembali

Rasa keamanan bisa berdampak pada perekonomian warga

Bandung, IDN Times - Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengapresiasi kehadiran Tim Prabu yang kembali diaktifkan. Tim ini diharap bisa mengembalikan keamanan di Kota Bandung sehingga masyarakat bisa beraktivitas sepanjang hari termasuk saat malam.

"Saya apresiasi karena ini ikhtiar membuat rasa aman ke masyarakat. Ini dibuktikan dengan patroli yang masif yah di seputaran kota," kata Yana ditemui di rumah dinas, Senin (10/4/2023).

Yana berharap segala akivitas kriminalitas yang selama ini ramai di pemberitaan khususnya media sosial bisa hilang.

1. Keamanan bisa berdampak pada pertumbuhan ekonomi

Yana Mulyana Apresiasi Tim Prabu di Bandung Diaktifkan KembaliIlustrasi pertumbuhan ekonomi (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurutnya keamanan yang ada di Bandung bisa membuat masyarakat lebih nyaman ketika bekerja. Kondusifitas tersebut diharap mampu meningkatkan perekonomian.

"Karena kalau aman proses pertumbuhan ekonomi juga bakal jalan," paparnya.

2. Tim Prabu lebih banyak lakukan patroli malam

Yana Mulyana Apresiasi Tim Prabu di Bandung Diaktifkan KembaliIDN Times/Debbie Sutrisno

Polrestabes Bandung kembali menghidupkan tim prabu yang beberapa tahun ke belakang sempat ditiadakan. Tim ini diharap bisa menjadi garda terdepan untuk mengantisipasi aksi kriminalitas di jalanan pada malam hari.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono menuturkan, tim ini mulai bekerja pada Kamis (6/4/2023) malam. Mereka bersama dengan anggota kepolisian lainnya sepert Samapta dan Satlantas diberi tugas untuk menggiatkan kembali patroli malam.

"Kita ingin berikan rasa aman dan nyaman khususnya bagi warga Kota Bandung. Maka saja perintahkan Tim Prabu ini mulai aktif lagi ke depannya," kata Budi ditemui di Taman Dago Cikapayang, Kamis (6/4/2023).

3. Punya tugas khusus karena bisa lebih cepat mendatangi masyarakat

Yana Mulyana Apresiasi Tim Prabu di Bandung Diaktifkan KembaliIlustrasi (IDN Times/Mardya Shakti)

Dia menuturkan, tim ini harus bisa bekerja cepet ketika ada kejadian tertentu sambil memantu aktivitas masyarakat di malam hari. Karena melakukan patroli menggu akan sepeda motor, mereka harus bisa lebih cepat datang ke tempat kejadian peristiwa (TKP) ketika ada aksi kejahatan seperti begal.

Kemudian saat ada kejadian atau kerumunan konvoi bermotor bisa langsung dibubarkan oleh tim ini. Dan ketika ada aksi kejahatan diharap bisa lebih cepat melakukan penangkapan pelakunya.

"Tim yang akan motoris (pakai motor) melaksanakan pengamanan menjaga keamanan khususnya kejahatan keras pada malam hari maupun kegiatan lain, baik itu tawuran, begal, dan lainnya," ungkap Budi.

Baca Juga: Tekan Angka Kriminalitas di Bandung, Tim Prabu Kembali Mengaspal

Baca Juga: Jadi Korban Begal, Pengemudi Taksi Online Bandung Dibacok

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya