Yana: Bandung Zona Merah, Wisatawan Diimbau Tak Datang Dulu Percuma! 

Tempat wisata tutup, restoran hanya dine in, jalan ditutup

Bandung, IDN Times - Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengimbau wisatawan dari mana saja sementara tidak menghabiskan waktu di Kota Bandung. Daerah ini sekarang masuk dalam kategori zona merah sehingga riskan untuk didatangi.

Selain itu, Pemkot Bandung pun sudah menutup seluruh tempat wisata, kafe dan restoran pun tidak diperbolehkan makan melayani pengunjung untuk di tempat, serta ada penutupan jalan di akhir pekan.

"Dengan penutupan kawasan hiburan, wisata, serta kuliner kami batasi. Jadi percuma juga datang ke Bandung, harapannya (wisatawan) dari luar tidak terlalu tertarik masuk ke Bandung," ujar Yana, Jumat (26/6/2021).

1. Mengajak wisatawan bersabar untuk datang ke Kota Bandung

Yana: Bandung Zona Merah, Wisatawan Diimbau Tak Datang Dulu Percuma! IDN Times/Aris Darussalam

Meski ada penutupan sejumlah ruas jalan dan kawasan wisata serta kuliner, Yana memastikan pihaknya tidak melakukan pengecekan di pintu masuk Kota Bandung khususnya akses tol. Artinya di saat zona merah seperti ini masyarakat di luar kota seharusnya paham dengan kondisi di Bandung.

"Hanya kita imbau karena kalau larangan ini harus ada regulasinya lagi," ungkap Yana.

2. Bandung Zona Merah, Pemkot tak lakukan perubahan aturan di perwal

Yana: Bandung Zona Merah, Wisatawan Diimbau Tak Datang Dulu Percuma! PPKM Mikro Desa Pisangan Jaya (Dok. Istimewa)

Meski ada permintaan agar pengetatan yang berlangsung bisa dilonggarkan, Yana memastikan tidak akan melakukan relaksasi. Menurutnya, aturan PPKM mikro yang dijalankan sekarang sudah sesuai dengan kondisi di mana Bandung masuk dalam zona merah.

"Kami sudah ada perwal hingga 2 Juni 2021. Ini relevan dengan zona risiko tinggi, jadi tidak ada perubahan aturan," kata dia.

Aparat kewilayahan pun akan terus memantau setiap kegiatan agar tidak menimbulkan kerumunan massa. Mulai dari Satpol PP, Polri, dan TNI berjaga mengamankan setiap daerah di Bandung.

3. Sebisa mungkin perbanyak bekerja dari rumah

Yana: Bandung Zona Merah, Wisatawan Diimbau Tak Datang Dulu Percuma! Ilustrasi Work From Home (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelumnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengumumkan dua wilayah di Jabar yakni Kabupaten Bandung dan Kota Bandung masuk dalam zona merah sebaran corona di Jabar per tanggal 24 Juni 2021. Hal itu disampaikan Emil melalui akun Instagram pribadinya @ridwankamil.

"Pertanggal 24 Juni 2021, di minggu ini zona merah Jawa Barat adalah Kota Bandung dan Kabupaten Bandung," kata dia dalam unggahannya, Kamis (24/6/2021) malam.

Dengan demikian, Emil mengatakan, wisatawan dan tamu yang kebutuhannya tak mendesak agar tak dulu datang ke dua wilayah tersebut selama tujuh hari ke depan. Sementara itu, warga yang berada di dua wilayah itu diminta beraktivitas di rumahnya masing-masing dan mengurangi mobilitas.

"Wisatawan dan tamu yang kegiatannya tidak esensial dimohon untuk tidak mendatangi wilayah ini sampai 7 hari ke depan," ucap dia.

Warga di dua wilayah ini mohon maksimalkan berkegiatan di rumah masing-masing, serta mengurangi pergerakan yang dianggap tidak terlalu penting.

Lebih lanjut, Emil meminta kepada aparat setempat agar mengintensifkan disiplin protokol kesehatan kepada masyarakat. Dia pun meminta agar 25 wilayah lainnya di Jabar tetap waspada dengan menurunkan keterisian di rumah sakit.

"25 wilayah lainnya tetap siaga, dan terus berupaya untuk menurunkan BOR RS Covid dengan menguatkan PPKM mikro dan isolasi non rumah sakit," kata dia.

Baca Juga: Bandung Zona Merah, Ini 10 Kecamatan dengan Kasus Aktif Tertinggi

Baca Juga: Pemkot Bandung Tambah 400 Tempat Tidur Pasien COVID-19 di Rumah Sakit

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya