Warga Jabar Jemput Rizieq, Ridwan Kamil: Berkerumun Itu Kurang Baik

Kepulangn HRS dijemput para pendukungnya dari banyak daerah

Bandung, IDN Times - Ribuan simpatisan Rizieq Shihab telah memadati kawasan Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa(10/11/2020). Para pendukung Rizieq Shihab ini untuk menyambut kedatangan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) yang tiba di Tanah Air, hari ini.

Kedatangan Rizieq Shihab itu disambut banyak simpatisannya termasuk warga dari Jawa Barat. Ratusan orang dari berbagai daerah seperti di daerah Bodebek ikut serta menjemput Rizieq di Bandara Soekarno-Hatta.

Terkiat penjemputan ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau warga Jawa Barat (Jabar) agar tidak berkerumunan ketika datang untuk menjemput. Di tengah pandemik COVID-19, berkerumunan menjadi hal yang tidak direkomendasikan oleh para ahli manapun.

"Kalau tidak urgent (penting) dan tidak ada hal yang sangat principal, mendekati kerumunan itu sangat tidak direkomendasikan," ujar Emil, Senin (9/11/2020).

1. Berbagai hal yang menimbulkan massa sebaiknya dihindari

Warga Jabar Jemput Rizieq, Ridwan Kamil: Berkerumun Itu Kurang BaikPeserta reuni 212 membawa bendera besar dengan wajah Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Menurutnya, bukan hanya persoalan penjemputan Rizieq Shihab saja yang seharusnya tidak dilakukan warga dalam jumlah besar. Kegiatan apapun termasuk konser musik ketika mendatangkan orang banyak itu kurang baik.

Emil pun mengimbau masyarakat yang terlanjur pergi untuk menjemput untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. "Menghitung sendiri potensi-potensi penyebaran jika kerumunan tidak bisa dikendalikan dengan baik," paparnya.

2. Di Jakarta para pendukungnya berkumpul di Petamburan

Warga Jabar Jemput Rizieq, Ridwan Kamil: Berkerumun Itu Kurang BaikPoster pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab diperkirakan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang pada Selasa (10/11/2020) pukul 09.00 WIB. Saat ini, Rizieq dan keluarganya masih berada di dalam pesawa Saudi Airlines, Boeing 777-368 (ER).

Posisi Rizieq diketahui dari laporan langsung di Front TV.  Sementara itu, massa simpatisan Rizieq mulai berdatangan ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Selain di Soetta, pendukung Rizieq ada juga yang berkumpul dan menunggu di Petamburan, Jakarta yang merupakan tempat tinggal Rizieq.

Berdasarkan pantauan IDN Times lewat Front TV, para pendukung tersebut sebagian besar mengenakan pakaian dan topi putih. Mereka berjalan kaki di sepanjang ruas jalan sambil bertasbih dan bersalawat. Tampak lalu lintas di Jalan Petamburan macet total. 

3. Petugas gabungan bersiaga di berbagai akses masuk Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Warga Jabar Jemput Rizieq, Ridwan Kamil: Berkerumun Itu Kurang BaikANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Sehari sebelum kedatangan Rizieq, ratusan petugas gabungan bersiaga di berbagai akses masuk Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk melakukan penjagaan ketat.

Bahkan, akses jalan menuju Bandara melalui Transit Oriented Development (TOD) M1 Bandara yang sebelumnya dapat dilalui kendaraan roda dua, ditutup total mulai Senin (9/11/2020) malam.

Baca Juga: [BREAKING] Simpatisan Rizieq Tumplek di Kawasan Terminal 3 Bandara Soetta

Baca Juga: Jemput Rizieq Shihab, Jalan Menuju Bandara Soetta Macet Total

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya