Rizieq Pulang, Jalan Menuju Bandara Soetta Macet Total Sejak Dini Hari

Kecepatan kendaraan menurut info TMC Polda 0 km/jam

Jakarta, IDN Times - Lalu lintas di jalan tol menuju Bandara Soekarno-Hatta, Selasa pagi (10/11/2020), tidak bergerak sama sekali. Kecepatan kendaraan 0 km per jam. Pukul 09.00 WIB, rencananya Imam Besar Front Pembela Islam Rizieq Shihab akan tiba di tanah air.

Informasi yang disampaikan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melalui akun twitter @TMCPoldaMetroJaya pada pukul 05.41 WIB menyebutkan Gerbang Tol Cengkareng arah menuju Bandara Soetta kecepatan 0 km/jam. TMC mengimbau warga menggunakan akses alternatif lain melalui Tangerang atau Jl Daan Mogot Jakbar yang mengarah ke  Bandara Soetta.

Satu menit kemudian, akun TMC kembali memposting suasana sekitar bandara.

Sementara informasi dari akun Radio Elshinta @RadioElshinta pada pukul 03.20 WIB menyebutkan kondisi kemacetan menuju arah bandara. "Macet total tidak bergerak di Tol Menuju Bandara Soetta,"  cuit Elshinta.

Baca Juga: Rizieq Shihab Pulang ke Indonesia, Pemprov DKI: Kami Welcome Saja

Rizieq Pulang, Jalan Menuju Bandara Soetta Macet Total Sejak Dini HariInformasi jalan dari TMC POlda Metro Jaya (Twitter/@TMCPoldaMetroJaya)

1. Akses TOD M1 Bandara Soekarno-Hatta ditutup

Rizieq Pulang, Jalan Menuju Bandara Soetta Macet Total Sejak Dini HariDok. PT Angkasa Pura II

Sehari sebelum kedatangan Rizieq, ratusan petugas gabungan bersiaga di berbagai akses masuk Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk melakukan penjagaan ketat.

Bahkan, akses jalan menuju Bandara melalui Transit Oriented Development (TOD) M1 Bandara yang sebelumnya dapat dilalui kendaraan roda dua ditutup total mulai Senin malam (9/11/2020). 

2. Akses pintu masuk Jalan Perimeter Selatan via M1 juga ditutup

Rizieq Pulang, Jalan Menuju Bandara Soetta Macet Total Sejak Dini HariBandar Udara Internasional Sisingamangaraja XII (Bandara Silangit), Tapanuli Utara, Sumatra Utara (IDN Times/Lia Hutasoit)

Pantauan IDN Times di lokasi, Senin malam, penutupan tak hanya dilakukan untuk akses masuk via TOD M1, namun juga akses masuk menuju Jalan Perimeter Selatan. Puluhan petugas kepolisian pun berjaga di lokasi dengan menutup akses dengan water barrier.

Para pengguna jalan pun diarahkan menuju akses Kantor Airnav yakni Jalan Halim Perdanakusuma, Benda, Kota Tangerang untuk dapat tembus di Pos 1 Jalan Perimeter Selatan.

3. Pekerja Bandara Soekarno-Hatta kebingungan lantaran akses ditutup

Rizieq Pulang, Jalan Menuju Bandara Soetta Macet Total Sejak Dini HariDok. PT Angkasa Pura II

Lantaran adanya penutupan akses TOD M1, para pekerja yang mengendarai roda dua sempat terlihat kebingungan. Pasalnya, tak ada pemberitahuan sebelumnya tentang akan adanya penutupan akses sepeda motor tersebut.

"Bingung saya, soalnya kan kerja di bandara, biasanya bisa kalau bawa motor lewat sini, ini tiba-tiba gak ada pemberitahuan kalau ditutup, mana udah telat," keluhnya.

Untuk diketahui, akses menuju Bandara Soekarno-Hatta dari arah Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang juga dapat melalui Perimeter Utara. Namun, jalan tersebut harus memutar terlebih dahulu ke Jalan Raya Prancis, Rawa Bokor, Kota Tangerang untuk kemudian masuk ke Jalan Bandara Soekarno-Hatta. 

Baca Juga: Jadwal Kedatangan Habib Rizieq, Jam Berapa Mendarat di Soetta 

Topik:

  • Umi Kalsum
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya