Sampah dan Banjir Bakal Jadi Prioritas Pj Wali Kota Bandung Bambang

Belum akan berkantor di Balai Kota Bandung

Bandung, IDN Times - Bambang Tirtoyuliono telah resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung. Dia mengantikan Yana Mulyana yang sebelumnya menjadi wali kota dan dinonaktifkan karena tersangkut kasus dugaan korupsi suap.

Bambang pun berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya untuk memimpin Kota Bandung jelang Pemilu Serentak 2024. Menurutnya, pelantikan ini menjadi amanat agar dia bisa bersama-sama dengan para pejabat di Pemkot Bandung untuk memberikan pelayanan pada masyarakat.

"Saya mungkin belum bisa berbuat banyak, tapi arahan itu (dari Pj Gubernur Jabar) menjadi sebuah ketetapan penting yang harus diselesaikan bersama," ungkap Bambang usai pelantikan di Gedung Sate, Rabu (20/9/2023).

1. Sampah dan banjir jadi hal yang harus diantisipasi

Sampah dan Banjir Bakal Jadi Prioritas Pj Wali Kota Bandung BambangIDN Times/Debbie Sutrisno

Menurutnya, persoalan sampah dan banjir saat ini masih menghantui masyarakat Kota Bandung. Untuk sekarang masalah sampah memang harus diselesiakan secepatnya apalagi Bandung sudah masuk kategori darurat sampah dengan menumpuknya sampah di banyak TPS.

Selain itu ada potensi banjir yang harus diwaspadai jelang musim hujan. Bambang menilai ketika masuk musim penghujan Kota Bandung sering terdampak banjir dan merugikan banyak masyarakat, maka harus disiapkan antisipasi agar banjir bisa diminamalisir.

"Kami ingin mitigasi banjir beberapa titik. Akan kami diskusikan dan tangani, mohon doanya dan dukungannya," kata Bambang.

2. Perlu metode efisien untuk tangani sampah di Bandung

Sampah dan Banjir Bakal Jadi Prioritas Pj Wali Kota Bandung BambangIDN Times/Debbie Sutrisno

Khusus mengenai sampah yang sekarang jadi persoalan di kawasan Bandung Raya, Bambang bakal berkomunikasi dengan sejumlah pejabat yang berwenangan menangai masaah ini.

Dia menilai konsep pengelolaan sampah bukan hanya dilakukan secara konvensional, tapi juga ada metode lain yang lebih efisien dan efektif sebagai langkah mitigasi persoalan sampah.

3. Ini hal penting titipan Gubernur Jabar untuk kepala daerah

Sampah dan Banjir Bakal Jadi Prioritas Pj Wali Kota Bandung BambangPj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sebanyak enam Penjabat atau Pj bupati dan wali kota di Jawa Barat resmi dilantik Pj Gubernur Bey Triadi Machmudin. Pelantikan dilaksanakan di Gedung Sate, Rabu (20/9/2023). Pelantikan berdasarkan surat keputusan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)

Enam kepala daerah yang dilantik ini yaitu; Pj Wali Kota Bekasi Gani Muhammad, Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji, Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono, Pj Bupati Bandung Barat Arsan Latief, Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman, dan Pj Bupati Purwakarta Benny Irwan.

Bey mengintipkan beberapa pesan, salah satunya untuk menjaga inflasi daerah dan kebutuhan pokok masyarakat di tengah kondisi kemarau saat ini.

"Terkait inflasi, harga kebutuhan pokok, dan kekeringan yang tengah melanda pada musim kemarau ini agar menjadi perhatian utama dalam melaksanakan tugas sebagai pemimpin di daerahnya masing-masing," kata dia.

Baca Juga: DLH Jabar Colek Kepala Daerah Bandung, Disebut Tak Bisa Pilah Sampah

Baca Juga: Sah! Bambang Tirtoyuliono Resmi Dilantik Sebagai Pj Wali Kota Bandung

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya