Sah! Bambang Tirtoyuliono Resmi Dilantik Sebagai Pj Wali Kota Bandung

Bambang Tirtoyuliono gantikan Yana Mulyana

Bandung, IDN Times - Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jawa Barat, Bambang Tirtoyuliono alias Abenk resmi dilantik sebagai Pj Wali Kota Bandung di Gedung Sate, Rabu (20/9/2023).

Abenk dilantik oleh Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin. Dalam pelantikannya, Abenk membacakan sumpah jabatan untuk bekerja sesuai dengan amanat perundang-undangan selama memimpin Kota Bandung.

"Dengan hikmat demi Allah SWT saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya sebagai Pejabat Wali Kota Bandung, dan akan melaksanakan tugas sebaik-baiknya," kata Abenk.

Setelah itu, dia juga bersumpah akan bekerja sesuai dengan amanat perundang-undangan dan seadil-adilnya untuk warga Kota Bandung.

"Akan menjalankan tugas seadil-adilnya memberikan teguh undang-undang dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan seluruhnya serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa," kata dia.

Setelah itu, Pj Gubernur Bey Triadi Machmudin langsung mengesahkan pelantikan Abenk sesuai dengan keputusan Kemendagri.

"Saya sebagai gubernur Jabar melantik Bambang Tirtoyuliono sebagai Penjabat Wali Kota Bandung," kata dia.

Abenk menjadi Pj Wali Kota Bandung menggantikan Yana Mulyana yang masa jabatannya berakhir pada 20 September 2023. Dia bakal memimpin Kota Bandung hingga satu tahun lebih sampai terpilihnya Wali kota definitif.

Sebelum Abenk dilantik sebagai Pj Wali Kota Bandung, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung, Teddy Rusmawan meminta agar Abenk menyelesaikan beberapa Pekerjaan Rumah (PR) yang belum tuntas. Beberapanya ada penanganan sampah dan banjir.

"Mudah-mudahan dengan latar belakang beliau (Bambang Tirtoyuliono) dari level provinsi, itu bisa mengkomunikasikan lebih baik lagi tentunya dengan DLH Jabar selaku pengelola Sarimukti," ujar Teddy saat dikonfirmasi, Sabtu (16/9/2023).

Baca Juga: DPRD Minta Pj Wali Kota Bandung Selesaikan Persoalan Sampah

Baca Juga: Ema Sumarna Belum Dapat Surat Resmi Terkait Pj Wali Kota Bandung

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya