Ridwan Kamil Sayangkan Pencopotan Kapolda Rudy Sufahriadi

Rudy dianggap sudah bekerja baik selama pandemik COVID-19

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ikut angkat bicara terkait dengan pencopotan Kapolda Jawa Barat (Jabar) Rudy Sufahriadi dari jabatannya. Menurut Emil, Rudy selama ini sudah bekerja baik selama pandemik COVID-19.

"Saya mengucapkan terima kasih ya karena selama proes mengendalikan COVID-19 dari Maret sampai hari ini. Bagi saya pribadi kerjanya (Rudy) sudah luar biasa lah," ujar Emil ditemui di Hotel Savoy Homan, Selasa (17/11/2020).

1. Dia berani jadi relawan vaksin tanpa diminta

Ridwan Kamil Sayangkan Pencopotan Kapolda Rudy SufahriadiIlustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Emil menyebut, Rudy berani dalam menegakkan protokol kesehatan COVID-19 selama ini. Dia pun turut serta secara sukarela menjadi relawan vaksin virus corona tersebut.

Karena kerap berkomunikasi, Rudy dianggap menjadi sosok yang mendedikasikan waktunya untuk berbagai kegiatan di tengah pandemik sulit ini.

"Jadi saya kira orang dengan sosok Pak Rudi, saya apresiasi luar biasa," paparnya.

2. Pergeseran jabatan di tubuh Polri sudah lumrah dilakukan

Ridwan Kamil Sayangkan Pencopotan Kapolda Rudy SufahriadiIDN Times/Debbie Sutrisno

Mantan Wali Kota Bandung ini pun menyebutkan, pergeseran jabatan di Polri merupakan hal lumrah dalam sebuah institusi. Maka, bukan domain kepala daerah untuk memastikan seorang kapolda atau pejabat lainnya tetap berada di posisinya sekarang.

"Saya kira itu diperlukan ya, karena dinamika-dinamika tidak bisa dihindari," pungkas Emil.

Terkait kemungkinan alasan pencopotan karena adanya pelanggaran protokol kesehatan, Emil enggan berkomentar lebih panjang. Namun, dia menegaskan bahwa dinamika selama pandemik COVID-19 ini sudah pasti ada.

Baca Juga: [BREAKING] Langgar Penegakan COVID-19, Kapolda Jabar dan Metro Jaya Dicopot!

3. Ahmad Dofiri jadi Kapolda Jabar yang baru

Ridwan Kamil Sayangkan Pencopotan Kapolda Rudy SufahriadiIDN Times/Galih Persiana

Kapolri Jenderal Idham Azis mencopot Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Irjen Rudy Sufahriadi dan Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Nana Sudjana. Pencopotan dua pejabat kepolisian daerah ini karena dianggap tidak melaksanakan perintah dalam menengakkan protokol kesehatan COVID-19.

Sebagai penggantinya, Kapolda Jabar digantikan oleh Irjen Ahmad dofiri dan Irjen Rudy Sufahriadi diangkat dalam jabatan baru sebagai widekswara tingkat 1 Lemdiklat Polri. Sementara, Kapolda Jawa Timur Irjen Muhammad Fadil diangkat menjadi Kapolda Metro Jaya.

"Irjen Rudi Sufahradi Kapolda Jawa Barat diangkat dalam jabatan baru sebagai widekswara tingkat 1 Lemdiklat Polri. kemudian penggantinya Irjen Ahmad dofiri sebagai Kapolda Jawa Barat," kata Kabid Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono.dalam keterangannya, Senin (16/11/2020).

Pencopotan ini berdasarkan surat telegram yang dikeluarkan Kapolri Jenderal Idham Azis dengan nomor ST 3222/XI/Kep/2020 tanggal 16 November 2020.

Baca Juga: Ini Pernyataan Rudy Sufahriadi Sebelum Dicopot dari Kapolda Jabar

Baca Juga: Dicopot Kapolri, Ini Sepak Terjang Rudy Sufahriadi di Jabar

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya