Dicopot Kapolri, Ini Sepak Terjang Rudy Sufahriadi di Jabar

Sederet kasus besar sudah pernah diungkap Polda Jabar

Bandung, IDN Times - Kapolri Jenderal Idham Azis mencopot Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Rudy Sufahriadi dari jabatannya pada Senin (16/11/2020). Kapolri juga sudah menunjuk Irjen Pol Ahmad Dofiri untuk menggantikan posisi Rudy.

Pria yang akrab dengan panggilan Rudy Gajah ini dicopot bersamaan dengan Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Nana Sudjana. Pencopotan jabatan ini berdasarkan surat keputusan Kapolri nomor ST 3222/XI/Kep/2020 tanggal 16 November 2020.

Dalam keterangannya, dua jenderal ini dinilai tidak melaksanakan perintah protokol kesehatan virus corona (COVID-19). Selepas menjabat Kapolda Jabar, Rudy akan menempati jabatan baru sebagai widekswara tingkat 1 Lemdiklat Polri.

Selama wilayah hukum Polda Jabar di komandoi Rudy, setidaknya ada beberapa prestasi yang sudah diraihnya. Hal ini dibuktikan dengan beberapa kasus yang sudah diungkap. Beberapa kasus itu yakni:

1. Rudy Gajah merupakan relawan vaksin Sinovac

Dicopot Kapolri, Ini Sepak Terjang Rudy Sufahriadi di Jabar

Dalam masalah penanganan virus corona, Rudy mendaftarkan diri menjadi relawan vaksin Sinovac virus corona bersama Pangdam III Siliwangi, Kepala Kejaksaan Jawa Barat dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Saat itu, ia disuntik di Puskesmas Garuda pada 25 Agustus 2020. Ia menjadi salah satu dari 1.620 relawan yang akan menjalani uji klinis tahap ketiga vaksin asal Tiongkok itu.

2. Rudy ternyata pernah mutasikan anggota Polrestabes Bandung karena protokol kesehatan

Dicopot Kapolri, Ini Sepak Terjang Rudy Sufahriadi di JabarIDN Times/Galih Persiana

Selain menjadi relawan vaksin Sinovac, Rudy ternyata sempat mencopot anggota polisi berpangkat Brigadir Polisi Kepala (Bripka) berinisial H. Ia dipecat karena tak bermasker saat memarahi petugas waktu ditegur di pos pembatasan sosial berskala besar (PSBB), Kabupaten Bandung. Kejadian ini terjadi pada 25 Mei 2020.

H saat itu masuk di jajaran Satlantas Polrestabes Bandung. Kemudian Rudy memutasikannya ke Pelayanan Markas (Yanma) Polda Jawa Barat.

Rudy berpesan bahwa hal tersebut harus dijadikan contoh bagi setiap anggota kepolisian yang bertugas di Polda Jawa Barat. Bukan hanya tidak boleh melanggar, menurutnya polisi juga tidak boleh bersikap arogan.

3. Rudy runtuhkan Kekaisaran Sunda Empire

Dicopot Kapolri, Ini Sepak Terjang Rudy Sufahriadi di JabarIDN Times/Galih Persiana

Kemudian, di bawah kepemimpinan Rudy, Polda Jabar meruntuhkan Kekaisaran Sunda Empire. Kasus yang mencolok di masyarakat Jabar dan menggemparkan warganet itu akhirnya diungkap jajaran Ditreskrimum.

Polda Jabar berhasil mengamankan tiga orang petinggi Sunda Empire yakni, Nasri Bank, Rangga Sasana dan Raden Ratna Ningrum. Kasus tersebut pun sudah berjalan di Pengadilan Negeri Bandung.

4. Rudy pernah tangkap dua warga Depok bawa sabu 12 kilogram

Dicopot Kapolri, Ini Sepak Terjang Rudy Sufahriadi di JabarIDN Times/Galih Persiana

Di bawah kepemimpinan Rudy, Polda Jabar berhasil mengungkap 12  kilogram sabu dari dua warga Kota Depok yang berprofesi sebagai Ojek Online MT (23) beserta seorang perempuan berinisial LA (40) berprofesi sebagai ibu rumah tangga.

Keduanya diamankan oleh pihak berwajib lantaran, telah melakukan tindakan hukum dengan membawa narkotika jenis sabu sebesar 12 kilo 185 gram di bandara Hussain Sastranegara.

Rudy mengatakan, berdasarkan hasil keterangan dari tersangka MA, tersangka LA dan seorang saksi berinisial H. penyelundupan narkoba jenis sabu tersebut suruhan atau perintah dari seseorang berinisial S.

Rudy juga mengenakan dua tersangka ini dengan pasal 113 ayat 2 Juncto Pasal 132 ayat 1 dan atau Pasal 114 ayat 2 Juncto Pasal 132 ayat 1 dan atau 112 ayat 2 UURI 35 2009 tentang Narkotika.

"Ancaman Hukuman dengan pidana mati, pidana penjara seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat lima tahun dan paling lama 20 tahun," kata dia.

Baca Juga: [BREAKING] Rudy Sufahriadi Dicopot, Irjen Ahmad Dofiri Jadi Kapolda Jabar

Baca Juga: Ini Pernyataan Rudy Sufahriadi Sebelum Dicopot dari Kapolda Jabar

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya