Ridwan Kamil: Jutaan Warga Jabar Beralih Dukungan ke Jokowi

Elektabilitas Jokowi di Jabar terus meningkat

Bandung, IDN Times - Dewan Pengarah Teritorial Tim Kampanye Daerah (TKD) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Ridwan Kamil mengklaim jutaan warga Jawa Barat (jabar) saat ini telah mengalihkan dukungan mereka ke pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut satu (01). Emil, sapaan akrabnya hal itu terlihat dari elektabilitas pasangan tersebut yang terus meningkat.

1. Ada 4 juta warga jabar yang berpindah dukungan

Ridwan Kamil: Jutaan Warga Jabar Beralih Dukungan ke JokowiIstimewa

Menurut Emil, dari survei sejumlah lembaga dan data yang dihimpun ada sekitar 4 juta penduduk Jabar yang sebelumnya tidak mendukung Joko 'Jokowi' Widodo pada pemilihan presiden 2014, sekarang beralih untuk memberikan suaranya pada paslon nomor 01 pada pemilihan mendatang. "Mereka balik kanan dan yakin kepada 01," ujar Emil usai santap malam dengan Sekretaris TKN, Hasto Kristiyanto, Jumat (22/2) malam.

Menurut Gubernur Jawa Barat ini, pada Pilpres 2014, jutaan warga tersebut awalnya memberikan suaranya untuk Prabowo Subianto. Namun, seiring dengan kinerja pemerintahan khususnya Jokowi yang dianggap sangat peduli terhadap rakyat kecil. Saat ditanya daerah mana saja yang mayoritas beralih suara ini, Emil enggan menjeleskan lebih rinci dari kawasan mana saja warga yang beralih tersebut.

2. Suara Jokowi kini lebih unggul

Ridwan Kamil: Jutaan Warga Jabar Beralih Dukungan ke JokowiDok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Dia menuturkan, saat ini suara Jokowi semakin baik di Jabar. Berbeda dengan Pilpres lima tahun lalu di mana Prabowo unggul jauh di provinsi ini, sekarang suara Jokowi mulai mengimbangi bahkan Emil yakin semakin mendekati waktu pemilihan suara Jokowi bisa mengungguli lawannnya.

"Tapi keyakinan ini tetap harus dibuktikan secara faktual di hari pencoblosan nanti," paparnya.

Baca Juga: Ratusan Ibu-Ibu Kota Bandung Deklarasi Dukungan ke Jokowi-Ma'ruf Amin

3. Paslon No 1 merupakan pasangan yang tepat

Ridwan Kamil: Jutaan Warga Jabar Beralih Dukungan ke JokowiANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Mantan Wali Kota Bandung ini mengatakan, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin merupakan sosok yang tepat khususnya untuk dipilih masyarakat Jabar. Jokowi adalah pria yang siap mendedikasikan dirinya untuk negara dengan bekerja keras membangun negeri dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Ma'ruf Amin semua pihak tahu bahwa dia adalah sosok ulama yang sangat mengayomi. Ma'ruf juga bisa menjadi pendamping Jokowi untuk merangkul masyarakat muslim khususnya, dan meningkatkan nilai keislaman di Indonesia.

"Ini kondisi paling pas. Yang satu ngegas dan yang satunya ngerem. Ini sudah jodohnya," ungkap Emil.

4. Kerjasama partai makin solid

Ridwan Kamil: Jutaan Warga Jabar Beralih Dukungan ke JokowiIDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Hasto Kristiyanto mengatakan, peralihan suara yang terjadi di Jabar tak terlepas dari konsolidasi partai politik pendukungan pasangan 01 yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja (KIK). Adanya sejumlah sosok di Jabar seperti Ridwan Kamil, Deddy Mizwar, hingga Dedi Mulyadi membuat masyarakat juga ikut percaya atas kepimpinan Jokowi.

Kehadiran Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presiden Jokowi pun makin memperkuat dukungan masyarakat muslim di Provinsi Jabar. Sebab banyak warga muslim yang sebelumnya menilai Jokowi sangat tidak agamis berubah pikiran karena Ma'ruf Amin dianggap menjadi pendamping yang tepat.

"Sosok Ma'ruf Amin sebagai Ketua MUI betul-betul menjadi pegangan masyarakat Jawa Barat," ujar Hasto.

Baca Juga: TKN Minta Budayawan Bandung Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin

Baca Juga: APK Jokowi-Ma'ruf Dirusak, Hasto: Pihak Sana Tidak Siap

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya