PPKM Level 4, Penutupan Jalan di Bandung Hanya Berlaku Malam Hari

Pembubaran aktivitas berkerumunan lebih dikedepankan

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung memastikan penyekatan atau penutupan jalan yang selama ini diberlakukan selama pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat tidak akan dilakukan kembali.

Wakil Wakil Kota Bandung Yana Mulyana menyebutkan, penutupan jalan sepekan ke depan hanya dilakukan pada malam hari.

"Sekarang cuma satu kali penutupan, enggak tiga kali. Jadi hanya dari sore sampai pagi. Kemudian kalau ada yang urgent (darurat) itu bisa dibuka barikade dan itu disampaikan narahubung dari Polrestabes," ujar Yana, Rabu (21/7/2021).

Pelonggaran penyekatan ini pun sudah dirapatkan dengan Polrestabes Bandung dan aparat lain yang selama ini bertugas. Dengan demikian lalu lintas di Kota Bandung akan kembali sebelum PPKM Darurat diberlakukan.

1. Akan ada relaksasi untuk sektor ekonomi

PPKM Level 4, Penutupan Jalan di Bandung Hanya Berlaku Malam HariIDN Times/Arief Rahmat

Yana menuturkan, sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo, Pemkot Bandung pun akan menyiapkan beberapa hal untuk direlaksasi, khususnya yang berkaitan dengan sektor ekonomi. Harapannya masyarakat bisa melakukan aktivitas ekonomi kembali sehingga

"Pasti akan ada relaksasi. Cuman nanti hari ini akan dirapatkan sama Pak Sekda," ujar Yana.

Meski demikian, Yana memastikan relaksasi ini tetap akan memperhatikan dampak sektor kesehatan. Jangan sampai pelonggaran anktivitas ini kemudian berdampak negatif pada kesehatan masyarakat. Kesehatan tetap harus jadi yang utama di saat pandemik COVID-19.

2. Pembahasan pelonggaran aktivitas masih dibahas

PPKM Level 4, Penutupan Jalan di Bandung Hanya Berlaku Malam HariIlustrasi Work From Home (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, Sekda Bandung Ema Sumarna mengatakan, bahan evaluasi terkait PPKM baru diterima, Selasa (20/7/2021) malam. Pihaknya harus membahas dengan pemangku kebijakan lain untuk memastikan aturan mana saja yang bisa dilonggarkan berkaca pada kondisi penyebaran virus corona di Kota Bandung.

Ada beberapa pelonggaran kaitannya dengan sektor ekonomi. Untuk pasar tradsional misalnya, bisa buka hingga puku 20.00 WIB. Sedangkan pelaku usaha formal dan informal seperti pedagang kaki lima (PKL) dan kuliner malam masih dalam pembahasan.

"Tapi intinya mau di luar atau di dalam, dine in (makan di tempat) itu tidak diizinkan selama PPKM Darurat," paparnya.

3. Fokus pembubaran aktivitas yang timbulkan kerumunan

PPKM Level 4, Penutupan Jalan di Bandung Hanya Berlaku Malam Harimindthegap.today

Polrestabes Bandung berencana menghilangkan penyekatan yang selama PPKM Darurat diberlakukan. Setidaknya ada 40 titik penyekatan di Kota Bandung mulai di dalam kota hingga ke perbatasan daerah.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan evaluasi penerapan PPKM Darurat yang akan berakhir pada 20 Juli 2021. Berdasarkan hasil komunikasi dengan para pemangku jabatan di Bandung, penyekatan yang selama ini dilakukan kemungkinan besar tidak lagi berlaku.

"PPKM ini poinnya kan untuk menekan mobilitas. Nanti kemungkinan akan seperti sebelum PPKM. Ini (pengurangan mobilitas) hanya di tempat kerumunan atau keramaian," ujar Ulung ditemui di Balai Kota Bandung, Senin (19/7/2021).

Bentuk pembubaran kerumunan nantinya, lanjut Ulung, kemungkinan hanya dilakukan pada malam hari. Sebab, banyak orang yang kerap berkerumunan pada malam hari bisa menimbulkan penyebaran virus corona semakin masif.

Polrestabes Bandung sejauh ini masih memetakan titik mana saja yang kerap menimbulkan kerumunan pada malam hari. Titik tersebut yang difokuskan untuk diawasi usai pelaksanaan PPKM Darurat.

Baca Juga: PPKM Darurat Diperpanjang, tapi Aturan di Bandung akan Lebih Longgar

Baca Juga: Diganti Lagi! Pemerintah Gunakan Istilah PPKM Level 4 COVID-19

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya