PPKM Level 3, Objek Wisata di Kota Bandung Mulai Dibuka Bertahap

Kebun Binatang, TSM, dan Saung Udjo diizinkan buka

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung segera membukan sejumlah tempat wisata seiring penurunan kasus penyebaran virus corona (COVID-19). Tiga tempat bakal dijadikan percontohan pembukaan tempat wisata, yaitu kebun binatang, Trans Studio Mall, Kiara Arta Park, dan Saung Udjo

"Kita mau bertahaplah. Nanti disesuaikan dengan kesiapan di lapangan," kata Wali Kota Bandung Oded M Danial usai menggelar rapat terbatas di Balai Kota Bandung, Rabu (8/9/2021).

Sementara untuk tempat hiburan lainnya seperti diskotik, bar, dan tempat lain khususnya yang biasa buka pada malam hari belum bisa beroperasi.

1. Acara di dalam hotel pun bisa dilakukan

PPKM Level 3, Objek Wisata di Kota Bandung Mulai Dibuka BertahapIlustrasi Resepsi Pernikahan di tengah Pandemik COVID-19 (Instagram.com/bangariza)

Selain itu, berdasarkan permintaan pemilik hotel dan gedung serba guna, Pemkot Bandung mempersilakan acara Meeting, Incentive, Conference dan Exhibition (MICE). Karena berada di dalam ruangan maka protokol kesehatan kegiatan harus lebih ketat.

"Pernikahan boleh, resepsi juga tapi hanya 20 undangan. Diatur," ujar Oded.

Dia berharap dengan adanya relaksasi ini perekonomian bisa kembali normal. Selain itu, penurunan kasus tetap dijaga agar tidak kembali melonjak dengan adanya pelonggaran kebijakan.

2. Fasilitas olahraga di ruang terbuka dibuka kembali

PPKM Level 3, Objek Wisata di Kota Bandung Mulai Dibuka BertahapIDN Times/Debbie Sutrisno

Sesuai dengan instruksi menteri dalam negeri (Inmendagri) Nomor 39 Tahun 2021, supermarket hingga hypermarket sudah menggunakan aplikasi Peduli Lindungi mulai 14 September 2021, di mana jam operasi hingga 21.00 WIB dengan kapasitas 50 persen. Kemudian pasar rakyat juga dibuka sama kapasitasnya 50 persen dengan jam operasional hingga pukul 17.00. WIB.

"Fasilitas olahraga di ruang terbuka dibuka dengan kapasitas 50 persen. Tempat ibadah juga dibuka dengan kapasitas 50 persen dengan maksimal 50 orang," ujar Oded.

3. Tren kasus COVID-19 menurun dalam sepekan terakhir

PPKM Level 3, Objek Wisata di Kota Bandung Mulai Dibuka BertahapIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Terkait dengan kondisi pandemik COVID-19 di Kota Bandung, Oded menuturkan bahwa Bandung sekarang sudahsudah masuk di zona kuning atau risiko rendah dengan skor 2,54. Secara garis besar kasus aktif menurun dan kesembuhan meningkat.

Kota Bandung secara konfirmasi berada pada urutan ke-5 di Jawa Barat, di mana total per hari kemarin ada 41.926 orang terpapar virus corona. Jumlah konfirmasi aktif di angka 601, turun drastis sebesar 85,02%.

"Kesembuhan naik 14,24 persen, total ada 39.915. Rata-rata kesembuhan meningkat tajam pada minggu ke-2 PPKM level 4 dengan rata rata kesembuhan 367 orang per hari," ujar Oded.

Peta sebaran kasus konfirmasi aktif di tingkat kecamatan paling besar adalah Kiaracondong dan Panyileukan (37 dan 34 kasus), sedangkan di tingkat Kelurahan adalah Cipadung Kidul dan Karang Pamulang (16 dan 14 kasus).

Baca Juga: Total 1.471 SMA/SMK di Jabar Gelar PTM, Kapasitas Hanya 25%

Baca Juga: Bawa Ganja dari Sumatera, Truk Fuso Ditangkap di Bandung Barat

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya