Comscore Tracker

Polda Jabar Amankan Warga Indramayu Terkait Ledakan di Aspol Sukoharjo

Kepolisian masih melakukan pemeriksaan kepada orang tersebut

Bandung, IDN Times - Seorang warga Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, diamankan polisi terkait ledakan di asrama polisi (aspol) Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu(25/6/2022). Warga Indramayu berinisial S tersebut diduga sebagai pengirim paket kardus yang jadi sumber ledakan.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, ada permintaan dari Polda Jawa Tengah ke Polda Jawa Barat untuk mengecek identitas warga tersebut

"Setelah dicek dan dikonfirmasi, benar bahwa saudara S itu pernah mengirim,” ujar Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo saat dikonfirmasi, Minggu (25/9/2022) malam.

1. Sudah diamankan di Polres Indramayu

Polda Jabar Amankan Warga Indramayu Terkait Ledakan di Aspol SukoharjoIlustrasi tahanan yang diborgol. unsplash.com/4711018

Ibrahim belum bisa merinci kapan pria tersebut mengirim paket berbentuk kardus yang meledak. Namun yang pasti, pria tersebut saat ini sudah diamankan di Polres Indramayu.

“Jadi benar dia yang mengirim dari Indramayu. Akhirnya orang itu diamankan di Polres Indramayu,” kata Ibrahim.

Hingga saat ini, kata Ibrahim, warga tersebut masih menjalani pemeriksaan di Polres Indramayu. Polisi masih menunggu koordinasi dari Polda Jateng untuk kelanjutan penanganan warga Indramayu itu.

“Sedang diperiksa. Nanti menunggu hasil koordinasi Jateng apakah dikirim (ke Jateng) atau diriksa (diperiksa) di Polres,” tuturnya.

2. Ledakan terjadi sekitar pukul 18.00 WIB

Polda Jabar Amankan Warga Indramayu Terkait Ledakan di Aspol SukoharjoPaket yang diduga bom di Perum Brimob Sukoharjo. (Dok/Polda Jateng)

Penghuni asrama polisi Arumbara di Jalan Larasati Desa Telukan, Kecamatan Grogol, Solobaru Sukoharjo dikejutkan dengan suara ledakan yang cukup kencang. Berdasarkan keterangan resmi dari Polda Jateng, saking kencangnya suara ledakan membuat rumah-rumah bergetar bahkan para penghuni asmara berhamburan keluar. 

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy membenarkan adanya ledakan yang muncul di asrama polisi Arumbara. Kejadian tersebut terjadi malam ini kisaran jam 18.00 WIB. 

"Korban atas nama Bripka Dirgantara Pradipta. Usia 35 tahun anggota Polresta Surakarta," kata Iqbal dalam keterangan yang didapat IDN Times

Masih dari pengakuan Polda Jateng, ledakan yang muncul berasal dari samping rumah polisi di Jalan Larasati nomor AA 12.

Ledakan pertama kali terdengar ketika warga berada di dalam rumah asrama. Secara tak terduga tiba-tiba warga mendengar suara ledakan yang sangat kuat hingga mengakibatkan jendela bergetar. 

"Kemudian saksi dan para tetangga asrama keluar langsung melihat ke depan rumah melihat korban dalam keadaan berlumuran darah," tambahnya.

3. Seorang polisi yang terluka sudah mendapat perawatan

Polda Jabar Amankan Warga Indramayu Terkait Ledakan di Aspol SukoharjoKomples Brimop Grogol, Sukoharjo. (Dok/Polda Jateng)

Di lokasi kejadian, katanya, personel kepolisian sedang melakukan olah tempat kejadian perkara. Para personel penjinak bom (Jibom) juga dikerahkan ke sumber suara ledakan di asrama Arumbara. 

Dalam pemeriksaan sementara, polisi menemukan satu kotak paket yang diwadahi kardus warna cokelat. "Kondisi paket kardus itu masih utuh," kata Iqbal. 

Selain itu, di lokasi kejadian juga ditemukan serpihan bekas ledakan. 

Saat ini, Bripka Dirgantara Pradipta telah dievakuasi warga untuk dibawa ke RS Indriyanti Solobaru. Selanjutnya, Bripka Dirgantara langsung dirujuk ke RS Moewardi Solo. 

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya