Penyelidikan Kasus Pembunuhan di Subang Dilimpahkan ke Polda Jabar

Mabes Polri sampai harus turun tangan

Bandung, IDN Times - Pengungkapan kasus pembunuhan ibu dan anak di Kabupaten Subang tak juga berhasil diungkap kepolisian. Berkas kasus ini akhirnya dilimpahkan ke Polda Jawa Barat.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Erdi A Chaniago mengatakan, ditariknya proses penyidikan dan penyelidikan kasus Subang dilakukan untuk mengefektifkan pemeriksaan.

"Untuk kasus Subang, pertanggal 15 November kemarin perkaranya sudah dilimpahkan ke Polda Jabar," ujar Erdi ditemui di Halaman Gedung Sate, Selasa (23/11/2021).

1. Pelimpahan dilakukan agar kasus bisa segera diungkap

Penyelidikan Kasus Pembunuhan di Subang Dilimpahkan ke Polda JabarIlustrasi pembunuhan. ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Menurut Erdi, semua petunjuk dan bukti-bukti yang bersifat konvensional untuk kemudahan penyelidikan dan penyidikan akan disandingkan secara digital. Pelimpahan ini juga agar penyelesaian kasus lebih efisien dan efektif.

"Dan kebetulan alat-alatnya ada di Polda Jabar. Jadi, untuk efisiensi waktu dan efektifitas dari penyelidikan dan penyidikan itu kita tarik," katanya.

2. Kapolda pun sudah minta kasus ini segera selesai

Penyelidikan Kasus Pembunuhan di Subang Dilimpahkan ke Polda Jabar(Pembunuhan satu keluarga di Bekasi) ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Barat (Jabar), Irjen Pol Suntana meminta jajarannya segera mengungkap kasus pembunuhan ibu dan anak di Kabupaten Subang. Hal itu merupakan pernyataan pertama setelah dirinya resmi menjabat Kapolda Jabar.

Menurutnya, semua upaya saat ini tengah dilakukan pihak kepolisian untuk mengungkap kasus tersebut. Ia menegaskan agar para penyidik agar bisa cepat mengungkap kasus itu.

"Dari hasil tempat kejadian perkara (TKP), kita masih memerlukan waktu. Tapi saya minta ke serse untuk cepat mengungkap karena itu menyangkut integritas Polri juga," ujar Suntana, Senin (15/11/2021).

3. Pengungkapan kasus tidak bisa sama

Penyelidikan Kasus Pembunuhan di Subang Dilimpahkan ke Polda JabarIDN Times/Cije Khalifatullah

Dalam mengungkap kasus, Suntana mengatakan, polisi akan menjalankan semua prosedur yang berlaku. Sehingga, waktu pengungkapan juga tidak bisa disamakan antara satu kasus dengan kasus lainnya.

"Karena mengungkap kasus itu kadang bisa satu hari, kadang lama. Sebagai contoh, ada kasus di Pulo Mas Jakarta, ada beberapa jenazah yang dikurung di dalam WC, dan itu bisa diungkap dalam beberapa hari," ungkapnya.

Dalam kasus pembunuhan ibu dan anak di Subang, Suntana kembali menegaskan bahwa sudah memerintahkan jajarannya agar lekas mengumpulkan semua bukti-bukti dan mengungkap kasus ini ke publik.

"Ada kasus tertentu juga yang pembuktiannya harus hati-hati, karena konsekuensi dalam menetapkan tersangka itu hati-hati," kata dia.

Baca Juga: Kapolda Baru Minta Kasus Pembunuhan Ibu-Anak Subang Segera Diungkap

Baca Juga: Pemeriksaan Kasus Pembunuhan Ibu-Anak di Subang Dibantu Bareskrim

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya