Comscore Tracker

Pemda se-Asia Timur Kumpulkan Dana Rp1,5 Miliar untuk Warga Cianjur

Bantuan dari berbagai pihak terus digalang bagi masyarakat

Bandung, IDN Times - Bantuan untuk warga terdampak gempa di Kabupaten Cianjur terus berdatangan dari berbagai pihak. Di Jawa Barat, Gubernur Ridwan Kamil coba menghimpun angggaran dari Pemerintah Daerah Se-Asia Timur.

Ia mengungkapkan, para delegasi telah mengumpulkan bantuan keuangan sebesar Rp1,5 miliar untuk warga Kabupaten Cianjur yang terdampak bencana gempa bumi.

"Alhamdulillah, saya laporkan, semua anggota kongres mengungkapkan duka cita, dan juga menyumbangkan bantuan keuangan terkumpul Rp1,5 miliar dari para Gubernur dan  OJK yang hari ini datang untuk warga Cianjur, yang saya langsung belanjakan nanti malam untuk diberikan besok (Jumat)," kata Emil melalui siaran pers dikutip IDN Times, Jumat (25/11/2022).

Di sisi lain, Pemprov Jabar akan mengirimkan Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemda Provinsi Jabar ke Prefektur Shizuoka, Jepang untuk belajar mitigasi bencana gempa bumi.

Pembelajaran tersebut bertujuan untuk meningkatkan ilmu dan pengetahuan ASN Jabar dalam membuat rumah tahan gempa di masa depan.

"Rumah tahan gempa salah satu yang nanti kita kerja samakan dengan Prefektur Shizuoka," kata Ridwan Kamil melalui siaran pers, Kamis (24/11/2022) malam.

Emil menyebut, rumah tahan gempa akan hadir di Jawa Barat berdasarkan hasil rekomendasi Presiden Jokowi ketika memberikan bantuan kepada warga yang tedampak bencana di Kabupaten Cianjur.

Rumah tahan gempa tersebut akan dibangun di lokasi yang baru dan di rumah yang memang sudah dibangun. Nantinya akan ada penguatan-penguatan secara khusus, maka dari itu dirinya akan mengirimkan ASN Jabar ke Jepang untuk belajar ilmu tersebut.

"Rumah tahan gempa di lokasi baru dan di rumah yang sudah ada, yang mungkin sudah terbangun dilakukan penguatan-penguatan. Kami juga akan mengirim staf Pemprov Jabar ke Shizuoka untuk mempelajari mitigasi bencana gempa bumi karena mereka sudah pengalaman lebih dari 50 tahun," ujarnya.

Baca Juga: Polri Ungkap Perbedaan Data Jenazah Gempa Cianjur

Baca Juga: Risma Buka Dapur Umum di Jakarta Bekasi untuk Korban Gempa Cianjur

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya