Meski BIJB Beroperasi Normal, Bandara Husein Tetap Layani Penerbangan

Jalur penerbangan kedua bandara harus berbeda

Bandung, IDN Times - Tarik ulur terkait kemungkinan tidak adanya operasional penerbangan di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, masih menarik untuk diperbincangkan sejumlah pihak.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan kemungkinan akan mengalihkan seluruh penerbangan komersil ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, di KabupatenMajalengka. Sedangkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, dan Pemprov Jawa Barat masih berharap Bandara Husein tetap beroperasi seperti sekarang.

1. Pemkot Bandung optimistis Bandara Husein tidak akan ditutup

Meski BIJB Beroperasi Normal, Bandara Husein Tetap Layani PenerbanganIDN Times/Yogi Pasha

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kenny Dewi Kaniasari mengatakan, antara BIJB dan Bandara Husein tidak akan saling sikut. Justru kedua bandara ini akan saling melengkapi karena, terutama BIJB memiliki lahan dan landasan pesawat lebih luas sehingga mampu menampung pesawat besar.

"Kalau Bandara Husein kan bisa digunakan juga untuk maintenance. Jadi jangan sampai tutup," kata Kenny ditemui dalam acara peluncuran Bandung Championsip City, Minggu (24/3).

2. Fasilitas Husein akan ditingkatkan

Meski BIJB Beroperasi Normal, Bandara Husein Tetap Layani PenerbanganDok.IDN Times/Istimewa

Untuk memperbaiki pelayanan kepada masyarakat pengguna Bandara Husein, Pemkot Bandung akan bekerja sama dengan pihak Angkasa Pura II selaku operator bandara guna mempercantik agar pelayanan bisa semakin memuaskan.

Kemudahan akses dari Bandara Husein ke berbagai destinasi wisata, lanjut Kenny, dipercaya tidak akan membuat bandara ini diberhentikan operasionalnya.

"Saya sudah ngobrol, ngak akan ditutup. Kita sudah berbicara dengan AP 1 untuk melakukan join promotion. Jadi gak mungkin (ditutup)," ujarnya.

Baca Juga: Bandara BIJB Mulai Bergeliat, Pemkab Majalengka Siapkan Kajian Ekonomi

3. BIJB harus membuka jalur penerbangan lain

Meski BIJB Beroperasi Normal, Bandara Husein Tetap Layani PenerbanganHumas BIJB

Baca Juga: Ridwan Kamil: Pemindahan Penerbangan dari Husein ke BIJB Masih Dibahas

Agar memastikan Bandara Husein Sastranegara tidak ditutup, Kenny berharap AP 2 dan Kementerian Perhubungan bisa mencari jalur penerbangan lain yang berbeda dengan Bandara Husein. Misalnya, saat Bandara Husein telah memiliki penerbangan dari Malaysia dan Singapura, maka penerbangan luar negeri di BIJB sebaiknya mengambil penerbangan dari negara selain yang sudah ada di Bandara Husein.

"Asalkan nanti dari bandara (BIJB) ada jalur transportasi langsung ke Kota Bandung karena di sini amenitasnya paling lengkap," ujarnya.

Baca Juga: AP II Sebut Penerbangan Domestik di Bandara Husein Dipindah ke BIJB

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya