Bandara BIJB Mulai Bergeliat, Pemkab Majalengka Siapkan Kajian Ekonomi

Pemkab juga siapkan lokasi untuk kawasan segitiga Rebana

Majalengka, IDN Times – Pemerintah Kabupaten Majalengka terus mempersiapkan kajian terhadap dampak pertumbuhan ekonomi dari keberadaan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Penelitian itu untuk mengetahui sejauh mana pengaruh dan dampak keberadaan BIJB terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat di wilayah Kabupaten Majalengka.

Selain itu, Pemkab Majalengka juga bakal mengkaji keberadaan ruang untuk lokasi segitiga emas "Rebana" yang selalu digaungkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. 

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Majalengka Yayan Sumantri mengaku, penelitian terkait keberadaan BIJB di Kertajati akan segera dilakukan.

1. Kehadiran BIJB mulai berdampak pada sosial ekonomi di Majalengka

Bandara BIJB Mulai Bergeliat, Pemkab Majalengka Siapkan Kajian EkonomiIDN Times/Andra Adyatama

Menurut Yayan, dampak dari keberadaan BIJB sudah dirasakan masyarakat di Kabupaten Majalengka. Terutama terhadap dampak aspek sosial ekonomi, tata guna lahan serta harga lahan yang terus melonjak naik.

Ia mengungkapkan, adanya efek domino tersebut diharapkan mampu  mendorong pertumbuhan ekonomi sosial masyarakat yang berada di wilayah Kabupaten Majalengka.

“Salah satu efek yang mulai dirasakan dengan adanya keberadaaan bandara itu pada perubahan pengunaan alahan,  sosial ekonomi, dan nilai jual lahan,” kata dia.

2. Lima maskapai sudah beroperasi

Bandara BIJB Mulai Bergeliat, Pemkab Majalengka Siapkan Kajian EkonomiIDN Times/Andra Adyatama

Saat ini sejumlah maskapai sudah mulai melakukan penerbangan dari Bandara BIJB Kertajati. Salah satunya adalah maskapai penerbangan Citylink dengan rute Kertajati-Medan yang melayani penumpang pada Rabu, Jumat dan Minggu. Selain itu, rute penerbangan Surabaya-Kertajati yang dilakukan setiap hari. Pada hari yang sama juga penerbangan dengan rute Palembang-Kertajati .

Selain itu Garuda Indonesia juga memberikan layanan dengan rute Lampung-Kertajati atau sebaliknya dengan hari penerbanyan Selasa, Kamis dan Sabtu. Tidak hanya itu, Garuda Indonesia juga telah membuka rute penerbangan dari Balikpapan-Kertajati dan sebaliknya yang dilakukan setiap hari Senin dan Jumat.

Serta Transnusa  dengan rute Kertajati-Lamoung  dan Kertajati Semarang yang dilakukan setiap Minggu dan Senin.

Maskapai yang sudah melakukan kerjasama dan sudah mengambil slot adalah Lion Air serta Wings Air  yang mengambil rute Halim perdana Kusuma-Kertajati dan Kertajati-Halim Perdana Kusumah, Yogyakarta-Kertajati dan sebaliknya.

Serta Lion Air mengambil rute Balikpapan-Kertajati dan sebaliknya serta Kertajati Madinah, Jeddah-Kertajati untuk mengangkut penumpang jemaah umroh.

Saat ini keterisian penumpang mencapai 30-50 persen. Lonjakan penumpang diprediksi akan terus meningkat saat mudik Lebaran 2019, nanti yang bisa mencapai 75 persen.

“Saat ini julah penumpang sebesar itu diduga akibat pengaruh dari kenaikan harga tiket, namun kedepan optimis penumpang akan kembali naik, apalagi di hari libur lebaran,” kata Humas PT BIJB Andrian Salam Wiyono.

3. BIJB akan berdampak terhadap perekonomian

Bandara BIJB Mulai Bergeliat, Pemkab Majalengka Siapkan Kajian EkonomiIDN Times/Andra Adyatama

Anggota DPRD Majalengka dari Fraksi PPP Ali Imron berharap keberadaan BIJB ini benar-benar membawa dampak pada peningkatan perekonomian masyarakat Majalengka. Karenanya persiapan harus benar-benar dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat itu sendiri.

Adanya bandara harusnya bisa terciptanya lapangan kerja baru, baik yang bekerja di kawasan bandara ataupun dampak dari keberadaan bandara seperti tumbuhnya industri dan perdagangan serta lapangan kerja dari sekotor wisata.

“Keberadaan bandara baisanya muncul lapangan kerja baru, karena adanya peningkatan investasi. Dan investasi maka tomatis butuh tenaga kerja. Pertumbuhan investasi bisa industri, perdagangan dan sektor pariwisata ,” kata Ali Imron.

Adanya bandara ini mendorong sejumlah pengusaha untuk membangun industrinya di Kabupaten Majalengka.

“Untuk menata kawasan perubahan RTRW dan pembuatan RDTR harus segera dilaksanakan,” kata Ali.

4. Akses menuju BIJB Kertajati terlengkap di Indonesia

Bandara BIJB Mulai Bergeliat, Pemkab Majalengka Siapkan Kajian EkonomiIDN Times/Humas Jabar

Humas PT BIJB Andrian Salam Wiyono mengungkapkan, BIJB adalah bandar udara di Indonesia yang didukung intermoda, yaitu udara yang didukung oleh darat, laut, dan kereta api. Berkaitan dengan intermoda, letak Bandara Kertajati sangat strategis karena dekat dengan Pelabuhan Patimban yang tengah dibangun.

Akses masyarakat Jakarta ke bandara dengan moda transportasi darat akan dimudahkan dengan adanya Tol Cipali (Cikopo-Palimanan). Selain itu, Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang tengah dibangun bakal mempermudah akses masyarakat Bandung.

Jadi menurut Andrian, Bandara Kertajati ini akan menjadi bandara yang paling lengkap yang diharapkan benar-benar bisa menumbuhkan perekonomian rakyat Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu dan sejumlah wilayah lainnya melalui sektor pariwisata dan lain sebagainya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Siapkan Kawasan Segitiga Rebana di Jawa Barat

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya