Kapolda Jabar: Jangan Senang Dulu, Penyekatan di Pantura Berlapis!

Posko penyekatan di Jabar ada 158 titik dan berlapis

Bandung, IDN Times - Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri kembali mengingatkan kepada pemudik agar menunda perjalanannya dan mematuhi aturan pemerintah. Sebab, kata dia, posko penyekatan di Jabar terdapat 158 titik dan berlapis.

Bagi pengendara yang lolos pada titik penyekatan awal dipastikan akan diputarbalik pada posko selanjutnya. Sehingga, para pemudik yang berhasil lolos diminta tidak senang dulu. Sebab, kepolisian menyiapkan penyekatan berlapis sehingga di titik berikutnya para pemudik ini tetap akan diputar balik.

"Saya ingatkan bahwa titik penyekatan di Jabar itu ada 158 titik dan berlapis-lapis," ujar Ahmad Dofiri saat ditemui di pos penyekatan Gerbang Tol (GT) Cileunyi, Kabupaten Bandung, Senin (10/5/2021).

1. Meski lolos di satu titik, akan diperiksa di titik berikutnya

Kapolda Jabar: Jangan Senang Dulu, Penyekatan di Pantura Berlapis!IDN Times/Debbie Sutrisno

Ahmad menyebut, dengan titik penyekatan yang ada di hampir setiap daerah, maka pemudik akan diperiksa beberapa kali ketika berhasil lolos. Kejadian di Karawang yang viral memang sulit diurai karena dua jalur arteri yang digunakan tidak bisa dilewati kendaraan lainnya.

Alhasil kepolisian membiarkan terlebih dulu kendaraan melintas sekitar 30 menit. Setelah itu penyekatan kembali dilakukan.

"Jadi lolos di situ tapi kan nanti ada di Subang penyekatan lagi akan kami putarbalikkan," ungkap Ahmad.

Baca Juga: 60 Ribu Kendaraan Sudah Diputar Balik di Jabar Sejak Larangan Mudik 

2. Aparat akan bersiap 24 jam di titik penyekatan

Kapolda Jabar: Jangan Senang Dulu, Penyekatan di Pantura Berlapis!IDN Times / Yudi Rohmansyah

Kepolisian juga telah berkoordinasi dengan pihak TNI untuk menambah aparat yang berjaga di titik penyekatan. Karena diprediksi akan ada lonjakan warga hendak mudik pada H-1 dan H-2 Lebaran 2021, maka beberapa titik di jalan arterti pantai utara (pantura) akan ditambah aparat yang bertugas di sana.

"beberapa titik penyekatan seperti di Karawang, kemudian di Patok Besi di Subang, kemudian di Patrol terus sampai ke Cirebon kita akan ada penambahan pasuka. Dan 1x24 jam kita stand by, jadi tidak bsa mengelabui karena kita non stop melakukan kegiatan itu," papar Ahmad.

Baca Juga: Ridwan Kamil Prediksi 400 ribu Pemudik Bakal Masuk Wilayah Jabar

3. Babinkamtibmas dan Babinsa sudah siap mengamankan para pemudik yang lolos

Kapolda Jabar: Jangan Senang Dulu, Penyekatan di Pantura Berlapis!Gubernur Jabar Ridwan Kamil meninjau pos penyekatan mudik di gerbang tol Cileunyi. IDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil memastikan aparat akan bekerja dengan optimal untuk menghalau para pemudik yang hendak menerobos titik penyakatan. Ketika mereka lolos di satu titik, maka ada pos pengamanan lainnya yang bisa mengadang.

"Yang kemarin nerobos jangan senang dulu karena itu hanya dibiarkan, nanti disekat lagi. Jadi ada juga pemudik yang tidak lolos dan harus putar balik seperti di Subang," ujar Emil.

Menurutnya, ketika pemudik lolos sampai kampung halaman maka ada Babinkamtimbas dan Babinsa yang akan mengecek apakah ada warga di lingkungan sekitar berhasil mudik atau tidak.

"Ada beberapa nanti bisa dikarantina," kata dia.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Sudah 22 Ribu Kendaraan Diputar Balik di Jabar 

Baca Juga: Mudik Aglomerasi Dilarang, Ridwan Kamil: Razia Polisi Semakin Ketat!

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya