Ema Sumarna: Penyegelan Bandung Zoo Bukan Pengamanan Satwa tapi Lahan

Penyegelan merupakan pengamanan aset lahan yang jadi hak

Bandung, IDN Times - Pelaksana harian (Plh) Wali Kota Bandung Kota Bandung Ema Sumarna memastikan rencana pengamanan aset lahan di Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoo) tidak dilakukan Selasa(255/7/2023), hari ini. Pemkot berencana melakukan penyegelan pengelolaan Bandung Zoo pada Rabu (26/7/2023) atau Kamis (27/7/2023).

"Hari ini tidak ada pengamanan, mungkin pengamanan rencana besok dan lusa," ucap dia di acara Sport Jabar Arcamanik, Selasa (25/7/2023).

Ema mengatakan, Pemkot Bandung akan mengamankan aset lahan yang merupakan hak, tapi tidak dengan satwa di di Kebun Binatang Bandung.

"Kami ini bukan mengamankan kebun binatang tapi mengamankan lahan hak kita itu yang ditekankan," kata dia.

1. Siapkan pengelola baru kebun binatang

Ema Sumarna: Penyegelan Bandung Zoo Bukan Pengamanan Satwa tapi LahanIDN Times/Debbie Sutrisno

Apabila pengelola meninggalkan Kebun Binatang Bandung, ia telah melakukan antisipasi dengan menggandeng Perkumpulan Kebun Binatang Seluruh Indonesia (PKBSI) yang akan mengelola satwa satwa.

Saat ini masih dilakukan upaya komunikasi antara Satpol PP Kota Bandung dengan yayasan. Terkait adanya potensi penghadangan saat pengamanan, ia mengatakan akan diserahkan kepada petugas kepolisian.

"Apa alasannya menghadang? Kami bukan mencari keributan. Kami bukan unsur memaksakan, Kami mengambil hak, jangan klaim-klaim mereka juga tidak ada bukti," kata dia.

2. Sudah layangkan SP3

Ema Sumarna: Penyegelan Bandung Zoo Bukan Pengamanan Satwa tapi LahanIDN Times/Istimewa

Sementara itu, Satpol PP Kota Bandung tengah menyiapkan rencana kegiatan penyegelan Kebun Binatang Bandung sekaligus mengantisipasi terjadi bentrokan. Namun, sejauh ini tindakan penyegelan belum ditentukan kapan akan dilakukan.

"Setelah SP3 tidak ditentukan waktunya bisa hari ini, bisa besok atau lusa karena kita harus melihat kesiapan pemkot Bandung dan lainnya menghindari hal yang tidak diinginkan," ucap Kepala Satpol PP Kota Bandung Rasdian Setiadi.

Ia mengaku sudah memberikan surat teguran tiga kali dan surat peringatan sebanyak tiga kali terkait pembayaran sewa. Namun, pengelola Kebun Binatang tidak merespons hal itu.

Dengan kondisi itu, Rasdian mengatakan tindakan yang dilakukan selanjutnya yaitu pengamanan fisik aset dengan cara penertiban termasuk dilakukan penyegelan. Ia mengatakan Satpol PP Kota Bandung akan melakukan pengamanan aset.

3. Siapkan aparat untuk menghalau cadangan

Ema Sumarna: Penyegelan Bandung Zoo Bukan Pengamanan Satwa tapi LahanIDN Times/Istimewa

Terkait adanya potensi penghadangan yang dilakukan, Rasdian mempersilahkan hal itu. Namun, aparat keamanan pun sudah mengantisipasi hal itu di antaranya pengamanan bekerja sama dengan TNI dan Polri.

"Kami bukan ngambil kebun binatang tapi aset lahannya," kata dia.

Setelah diamankan, ia mengatakan petugas akan melakukan penjagaan atau patroli. Demi mengurangi potensi yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Tak Bayar Utang, Pemkot Bandung Segera Segel Tanah Kebun Binatang

Baca Juga: Kebun Binatang Bandung Tetap Ramai di Tengah Isu Penyegalan Lahan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya