Kebun Binatang Bandung Tetap Ramai di Tengah Isu Penyegalan Lahan

Bandung zoo jadi tempat favorit keluarga untuk rekreasi

Bandung, IDN Times - Kabar rencana penyegelan lahan Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoo) oleh Pemerintah Kota (Pemkot), tempat wisata yang ada di Jalan Tamansari ini tetap ramai dikunjungi wisatawan.

Marketing Komunikasi Bunbin Bandung, Sulhan Syafii mengatakan, kabar penyegelan tidak mempengaruhi kunjungan wisatawan ke Bunbin Bandung. Sebab, para pengunjung tidak peduli lantaran mereka hanya berpikir untuk berlibur.

"Enggak mikir kayak gitu, enggak terlalu pengaruh. Baru-baru ini kami menerima 25 rombongan sekolah, belum yang datang secara individu. Rata-rata dari luar Bandung," kata Sulhan, Jumat (30/6/2023).

1. Targetkan 9.000 pengunjung selama libur panjang

Kebun Binatang Bandung Tetap Ramai di Tengah Isu Penyegalan LahanIDN Times/Debbie Sutrisno

Saat libur panjang dari 28 Juni hingga 2 Juli 2023 ini, Bandung Zoo menargetkan 9.000 kunjungan atau sekitar 1.800 per hari.

"Sehari itu 1.800 pengunjung, Rabu sampai Minggu. Rabu dan Kamis seribu lebih sedikit. Kami mengejar target itu di Jumat hingga Minggu," ujarnya

Pada libur panjang ini, pihaknya membuat tiga tiket sentral agar lebih terorganisasi saat membeli tiket wahana di dalam Bunbin Bandung. Tiga titik itu ada di dekat kolam bulat, dekat kandang burung elang yang baru, dan dekat kandang zebra.

"Biar terorganisir sistem tiketingnya. Kan dulu permainan banyak misalkan, gajah penjualan tiketingnya satu, onta satu. Nah sekarang dikumpulkan di tiga titik itu. Jadi biar terkonsentrasi, tidak acak-acakan," sambungnya.

2. Banyak wahana menarik bisa dikunjungi

Kebun Binatang Bandung Tetap Ramai di Tengah Isu Penyegalan LahanIDN Times/Galih Persiana

Sulhan mengungkapkan, wahana naik gajah, zona Afrika, serta kandang singa terbuka, masih menjadi primadona bagi para pengunjung. Selain tiga wahana itu, kata Sulhan, kandang burung elang yang baru juga menjadi magnet bagi para pengunjung. Kandang dengan tinggi 10 meter dan lebar 8 meter itu terdapat enam jenis burung hewan.

Adapun enam jenis itu yaitu Elang Brontok, Elang Ular Bido, Elang Laut Perut Putih, Elang Bondol, Elang Jawa, dan Elang Tikus.

"Elang ada enam jenis. Jumlahnya ada sekitar 20-an ekor," ucapnya.

Menurutnya, burung elang yang ada di Bandung Zoo itu ada yang merupakan koleksi sendiri dan sumbangan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Ketika BKSDA menyita elang pasti diserahkan ke Bunbin Bandung.

"Jadi rata-rata hasil sitaan dan koleksi kami yang lama. Elang yang disita dari perorangan maupun yang dijual di pasar burung," tuturnya.

3. Harga tiket di akhir pekan Rp60 ribu per orang

Kebun Binatang Bandung Tetap Ramai di Tengah Isu Penyegalan LahanIDN Times/Galih Persiana

Harga tiket masuk Bandung Zoo terbagi menjadi dua yaitu Rp50 ribu untuk hari biasa dan Rp60 ribu untuk hari libur dan tanggal merah.

"Jadi tiket kami itu weekday Rp50 ribu, weekend dan tanggal merah Rp60 ribu," tutupnya.

Diketahui, Lahan seluas 13,9 hektare ini rencananya akan disegel oleh Pemkot Bandung. Rencana itu didasari setelah Pemkot Bandung memenangkan gugatan di Pengadilan Tinggi (PT) Bandung.

Sementara, pihak pengelola bubin, Yayasan Margasatwa Tamansari bersikukuh menjadi pemilik sah atas lahan tersebut. Yayasan Margasatwa Tamansari saat ini tengah mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA).

Baca Juga: Menang Atas Sidang Sengketa, Lahan Bandung Zoo Bakal Disita Pemkot

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya