Diajukan Jadi Pj Wali Kota Bandung, Muradi: Saya Siap Jika Terpilih

DPRD Bandung sampaikan tiga nama untuk penjabat

Bandung, IDN Times - Pengamat politik sekaligus dosen di Universitas Padjadjaran (Unpad),Prof Muradi telah diajukan menjadi salah satu calon penjabat (Pj) Wali Kota Bandung oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Muradi diajukan dengan dua nama lainnya ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yakni Ema Sumarna dan Dedi Supandi.

Terkiat hal ini, Muradi pun mengaku siap jika memang nantinya dipercaya mengemban tugas tersebut. Dengan diajukan namanya sebagai calon, maka DPRD melihat kapasitasnya cukup baik untuk menjadi Pj sebelum terpilihnya wali kota baru.

"Kalau dianggap berkapasitas saya siap. Mungkin (pengajuan saya) karena poinnya ingin ada pendekatan yang berbeda dari penjabat sementara biasanya," kata Muradi saat dihubungi, Rabu (9/8/2023).

1. Diajukan sejumlah fraksi di DPRD

Diajukan Jadi Pj Wali Kota Bandung, Muradi: Saya Siap Jika TerpilihIDN Times/Debbie Sutrisno

Menurutnya, sebelum pengajuan ini dia memang sudah bertemu dengan beberapa anggota DPRD dari sejumlah fraksi. Dari obrolan tersebut ada yang ingin mengajukan dan tidak agar dirinya dicalonkan sebagai penjabat sementara walkot Bandung.

Yang penting sebagai penjabat sementara ini, lanjut Muradi, harusnya sosok yang memang bisa menjaga ketentraman di Kota Bandung di saa Pemilu. Kemudian harus ada komunikasi yang lancar antara eksektif, legislatif, dan yudikatif.

"Saya kalau memang diminta ya pasti harus membuat Bandung lebih baik," kata dia.

2. DPRD Bandung sebut ada tiga calon yang diajukan

Diajukan Jadi Pj Wali Kota Bandung, Muradi: Saya Siap Jika TerpilihDok.IDN Times/Istimewa

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung telah mengirimkan tiga nama ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung. Saat ini Wali Kota Bandung berada di bawah kendali Pelaksana harian (Plh) Wali Kota Bandung, Ema Sumarna.

Wakil Ketua I DPRD Kota Bandung Kurnia Solihat menuturkan, sejumlah nama sudah diajukan ke Kemendagari sesuai dengan musyawarah mufakat seluruh anggota.

"Sudah ditandatangani dan diajukan langsung hari ini ke Mendagri," kata Kurnia saat dihubungi, Selasa (8/8/2023).

Terkait nama tiga nama diajukan tersebut, Kurnia belum bisa memberikannya secara lengkap. Namun dia menyebut inisial yang diajukan tersebut.

"Inisialnya itu D, E, dan M," kata Kurnia.

Berdasarkan informasi yan diperoleh, tiga nama calon Pj Wali Kota Bandung yang sudah diajukan DPRD ke Kemendagri adalah Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Jabar Dedi Supandi, dan Guru Besar Ilmu Politik dan Keamanan dan Direktur Program Pasca Sarjana Ilmu Politik Unpad Prof Muradi.

3. Lebih dari tiga kandidat yang muncul untuk menjadi calon Pj Wali Kota Bandung

Diajukan Jadi Pj Wali Kota Bandung, Muradi: Saya Siap Jika TerpilihKetua DPRD Kota Bandung Teddy Rusmawan. IDN Times/Debbie Sutrisno

DPRD Kota Bandung, Jawa Barat, akan mengusulkan tiga nama calon penjabat (pj) wali kota. Selain dari DPRD Kota Bandung, usulan calon pj wali kota juga berasal dari gubernur Jawa Barat (Jabar), dan menteri dalam negeri.

Masa jabatan Yana Mulyana sebagai wali kota Bandung berakhir pada 20 September 2023. Sebelum terpilih wali kota definitif dari hasil pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024, Kota Bandung akan dipimpin pj wali kota.

Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan mengatakan, pihaknya masih menunggu usulan nama calon pj wali kota dari setiap fraksi. Kemudian nama calon itu akan dibahas.

Ditanya soal kemungkinan Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung Ema Sumarna diusulkan sebagai pj wali kota, Tedy mengaku belum bisa berkomentar. Ia menunggu usulan dari masing-masing fraksi di DPRD Kota Bandung.

Sebagaimana aturan, Tedy mengatakan, gubernur Jabar juga dapat mengusulkan tiga calon. Kemudian dari menteri dalam negeri tiga calon.

Nantinya nama calon yang diusulkan akan dibahas di tingkat pemerintah pusat, untuk kemudian ditetapkan pj wali kota Bandung.

“Tentu kita menunggu (hasilnya). Ada tim gabungan kementerian melakukan telaahan,” katanya.

Baca Juga: Ema Siap Jadi Pj Wali Kota Bandung Jika Dipercaya Kemendagri

Baca Juga: DPRD Ajukan Tiga Kandidat Calon Pj Wali Kota Bandung ke Mendagri

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya