BNPB akan Dampingi Warga Sumedang Perbaiki Rumah Agar Tahan Gempa

Setiap rumah yang rusak akan dapat bantuan uang perbaikan

Bandung, IDN Times - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan memberikan pendampingan kepada warga yang ingin memperbaiki rumahnya akibat gempa agar bisa tahan ketika bencana tersebut terjadi kembali. Pendampingan ini nantinya dilakukan oleh pihak ketiga yang memang paham dengan konstruksi membangun rumah.

"Karena ini bantuannya diberikan sifatnya per orangan, hak pribadi, boleh dia bangun sendiri tapi nanti didampingi oleh dinas PUPR sehingga yang dibangun adalah rumah tahan gempa," kata Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, Senin (1/1/2024).

1. Bantuan uang diberikan kepada warga

BNPB akan Dampingi Warga Sumedang Perbaiki Rumah Agar Tahan GempaDebbie Sutrisno/IDN Times

Untuk membangun rumah tersebut, pemerintah pun memberikan bantuan dana baik yang alami rusak berat, sedang, hingga ringan. Untuk rusak berat setiap pemilik rumah dapat uang Rp60 juta, rusak sedang Rp30 juta, dan rusak ringan Rp15 juta.

BNPB pun bakal melakukan assesment secepatnya untuk memetakan skala kerusakan rumah warga yang terdampak. Dengan demikian, perbaikan bisa dilakukan sesegera mungkin agar warga terdampak bisa segera pulang ke rumah masing-masing.

"Kemudian itu tidak akan lama lama tinggal di tenda, targetnya 2-3 hari. Setelah itu oleh bupati mereka akan dititipkan. Kalau punya saudara ya tinggal dengan saudara, seperti tadi rumah rusak ternyata ada rumah orangtuanya. Dan itu mendapat hak dibantu oleh pemerintah namanya dana tunggu hunian Rp500 ribu per bulan," ungkap Suharyanto.

2. Gempa di Sumedang masuk status tanggap darurat

BNPB akan Dampingi Warga Sumedang Perbaiki Rumah Agar Tahan GempaIDN Times/Debbie Sutrisno

Dia menuturkan, gempa yang mengakibatkan ratusan rumah rusak awalnya tidak dianggap bisa membahayakan ketika gempa awal dengan kekuatan 4,1 magnitudo. Namun, pada gempa ketiga kekuatan naik menjadi 4,8 magnitudo dan membuat rumah warga mengalami kerusakan.

"Pak Presiden memerintahkan saya untuk segera datang ke sini. Pak Presiden tadi kami sudah rapat koordinasi dan ada beberapa lagkah yang harus dilakukan. Yang pertama per hari ini Bapak Penjabat Bupati Sumedang sudah menetapkan status tangkap darurat selama tujuh hari," kata Suharyanto. 

3. Siapkan dana awal bantuan capai Rp350 juta

BNPB akan Dampingi Warga Sumedang Perbaiki Rumah Agar Tahan GempaDebbie Sutrisno/IDN Times

Dengan penetapan tersebut maka pemerintah pusat melalui BNPB akan mengerahkan segala sumber daya yang dimiliki untuk membantu penanganan bencana secaara komprehensif.

Sebagai dukungan awal pemerintah menyiapkan dana Rp350 juta untuk dukungan operasional. Uang ini bisa dipakai selama seminggu ke depan untuk kebutuhan makan, pendirian tempat mandi cuci kakus (MCK), dan kebutuhan dasar masyarakat terdampak.

"Termasuk juga untuk operasional pasukan TNI-Polri, relawan, BPBD dan sebagainya. Kemudian juga penengkapan tenda, ada makanan siap saji ada sembako dan barang-barang kebutuhan lainnya," kata dia.

Baca Juga: Bey Minta Warga Tidak Termakan Hoax Sumber Gempa Sumedang

Baca Juga: BNPB Tetapkan Tanggap Darurat Sepekan Pasca Gempa di Sumedang 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya