Antisipasi Penonton Membludak, 2.600 Polisi Amankan Laga Persib-Arema

Tiket terjual sudah capai 20 ribu

Bandung, IDN Times - Polisi bakal melakukan pengamanan ekstra saat pertandingan Persib Bandung melawan Arema FC, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Rabu (8/11/2023). Pada laga tersebut, jumlah penonton dipastikan akan bertambah sesuai dengan tiket yang dijual sehingga butuh personel lebih banyak dari pertandingan sebelumnya.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono mengatakan, pola pengamanan yang dilakukan sama seperti laga-laga Persib Bandung sebelumnya. Namun, kali ini pintu-pintu masuk stadion akan dibuka lebih cepat.

"Memang walaupun polanya sama seperti biasanya, tetapi jumlahnya kita agak lebih tambah sedikit. Untuk pembukaan pintu masuk pun kita buka lebih cepat, karena jangan terjadi penumpukan di pintu-pintu masuk sehingga jam 12 sudah kita harapkan pintu itu sudah terbuka untuk penonton," ucap Budi di Mapolrestabes Bandung, Senin (6/11/2023).

1. Sudah 20 ribu tiket terjual

Antisipasi Penonton Membludak, 2.600 Polisi Amankan Laga Persib-AremaPertandingan Persib Bandung melawan Madura United di Stadion GBLA. IDN Times/Debbie Sutrisno

Budi mengatakan, sebanyak 2.640 personel akan diturunkan dan disebar di Stadion GBLA untuk melakukan pengamanan. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan sebelumnya karena adanya peningkatan penonton.

"Personel yang kita turunkan jumlahnya 2.640. Jumlah tiket yang sudah terjual sampai hari ini sudah 20 ribu," kata Budi.

2. Siapkan 4 titik pengecekan

Antisipasi Penonton Membludak, 2.600 Polisi Amankan Laga Persib-AremaIDN Times/Debbie Sutrisno

Saat pengamanan, kata dia, penonton yang tidak memiliki tiket dipastikan akan dicegah dan dilarang masuk ke stadion oleh polisi. Sebab, pemeriksaan tiket sudah mulai dilakukan di zona 4 luar area stadion.

"Untuk pola-pola pengamanan sama kita mulai dari zona 4 screening, jadi yang boleh masuk ke lingkungan GBLA adalah yang benar-benar memikiki tiket dengan menunjukan gelang, selebihnya (tidak memiliki tiket) kita suruh pulang. Insya Allah tidak ada penonton yang tidak punya tiket berusaha masuk, kita sudah cegah sebelumnya," jelas dia.

3. Bobotoh komitmen jaga keamanan bersama

Antisipasi Penonton Membludak, 2.600 Polisi Amankan Laga Persib-AremaIDN Times/Debbie Sutrisno

Menurut Budi, suporter Persib Bandung, yaitu Bobotoh, telah berkomitmen untuk sama-sama menjaga keamanan saat pertandingan. Menurutnya, bobotoh juga telah melakukan rapat koordinasi bersama Polrestabes Bandung dan Panitia Penyelenggara (Panpel) pertandingan.

"Tadi dari Viking dan bobotoh sudah hadir dari perwakilan, dan mereka sudah berkomitmen sama&sama menonton dengan aman dan nyaman. Walaupun jumlahnya terjadi peningkatan tetapi berkomitmen untuk menonton dengan aman," kata dia.

Baca Juga: Menepi Setengah Musim, Viking Siap Dukung Persib di Dalam Stadion 

Baca Juga: Lawan Arema FC, Daisuke Sato Siap Jaga Pertahanan Persib Bandung

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya