921 Ribu Bansos Jabar Tahap II Sudah Tersalurkan 

Masih ada 1.000-an bansos yang dikembalikan warga

Bandung, IDN Times - Penyaluran paket bantuan sosial (bansos) Provinsi Jawa Barat bagi warga terdampak COVID-19 hampir rampung. Bahkan, di sejumlah kabupaten/kota, capaian penyaluran paket bansos sudah 100 persen.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disindag) Jabar yang juga Ketua Divisi Logistik Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar, Mohammad Arifin Soedjayana mengatakan, dalam waktu tiga hari ke depan, paket bansos akan terserap maksimal di seluruh wilayah di Jawa Barat.

"Hingga Rabu (22/7/2020) pagi kemarin saja, tercatat 921 ribu paket bansos dari total 1.392.407 paket bansos provinsi sudah tersalurkan," ujar Arifin di Bandung, Kamis (23/7/2020).

1. Ada daerah yang agak lamban dalam pendataan

921 Ribu Bansos Jabar Tahap II Sudah Tersalurkan IDN Times/Debbie Sutrisno

Persoalan pada penyaluran bansos sekarang, lanjut Arifin, karena ada ada kendala saat awal penyaluran bansos tahap kedua, terkait dengan pendataan penerima bantuan.

"Ketika memasukkan dan memvalidkan data ada mundur waktu sekitar tiga hari karena dari daerah ada yang datanya tidak sesuai," kata dia

2. Pemda juga tak gerak cepat dalam membagian bantuan

921 Ribu Bansos Jabar Tahap II Sudah Tersalurkan Penyaluran Bansos dari Kemensos RI kepada Orang Rimba Jambi/IDN Times/Dok KKI Warsi

Meski waktu penyaluran sedikit mundur, lanjut Arifin, Perum Bulog sampai hari ini telah menyelesaikan pengiriman ke PT Pos. Perusahaan jasa pengiriman ini pun kemudian meminta waktu dua sampai tiga hari untuk merampungkan penyaluran bansos.

Selain itu juga melesetnya waktu penyaluran ada kota kabupaten yang meminta penundaan. Contohnya Subang yang baru 17 persen penyerapannya karena mereka baru mulai penyaluran pada Jumat kemarin. Padahal masa salur itu 14 hari.

"Ini yang lagi digenjot agar tidak 14 hari," kata dia.

Tak hanya Subang, Kabupaten Sukabumi pun baru mulai dua hari ke belakang. Alhasil presentase pengiriman baru di angka 48 persen. Subang dan Kabupaten Sukabumi sempat terjadi pertimbangan sehingga mengajukan penundaan.

3. Sudah ada daerah yang rampung seluruhnya

921 Ribu Bansos Jabar Tahap II Sudah Tersalurkan IDN Times/Debbie Sutrisno

Arifin mencatat sejuah ini sudah ada kota/kabupaten yang penyalurannya mencapai 100 persen. Misalnya, Kabupaten Kuningan, Purwakarta, Kota Sukabumi kemudian, Kota Cirebon, dan Kota Bekasi.

Sedangkan yang sudah 98 persen ada di Kabupaten Cirebon, Indramayu, Kota Cimahi, dan Kota Banjar telah 95 persen. "Ini yang kami upayakan selesai 100 persen hari ini," ujarnya.

4. Ada 1.754 bansos yang dikembalikan

921 Ribu Bansos Jabar Tahap II Sudah Tersalurkan IDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Arifin menuturkan evaluasi tahap kedua bisa dikatakan lebih baik dari tahap pertama. Dari sisi retur pun hanya 1.745 paket.

"Retur itu 0,0 sekian (0, 12) persen, tahap pertama 3,5 persen sedangkan DTKS 2,5 persen retur nya. Adapun retur karena alamat tidak lengkap, meski udah di cleansing. Tapi lainnya pada tahap dua ini lebih baik dan lebih bagus dari tahap pertama," kata dia.

Sementara itu, untuk tahap ketiga sedang dikaji. Pihaknya pun tengah mengkaji soal komoditi ke divisi perencanaan karena kondisi pandemi yang tidak dapat diprediksi, kemungkinan bansos akan diperpanjang. Tidak hanya empat tahap melainkan bisa sampai lima tahap bahkan lebih.

"Rapat dengan dewan ada keinginan seperti provinsi lain, bansos diperpanjang tapi jumlah paket dikurangi, tapi hal itu belum diputuskan," ujar dia.

Baca Juga: Belum Peroleh Bansos dari Pemprov Jabar? Cek di Laman SOLIDARITAS

Baca Juga: Telur Bansos Sering Busuk, Pemprov Jabar Ganti dengan Susu dan Masker

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya