Viral Angkot Berisi Penumpang Terseret Banjir di Kota Cimahi

Semua penumpang dipastikan selamat

Cimahi, IDN Times - Sebuah video yang menunjukan angkutan kota (angkot) terseret dan terjebak banjir viral di media sosial. Angkot berwarna hijau itu diketahui berisi penumpang.

Peristiwa tersebut terjadi di Jalan Mahar Martanegara, Cimindi, Kelurahan Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat, Selasa (5/12/2023) sore saat hujan deras mengguyur.

Seperti yang tampak dalam video tersebut, angkot itu berada di tengah jalan dan terjebak sehingga tidak bisa melintas karena banjir. Arus air yang deras dari arah barat masuk ke bagian dalam angkot.

Terlihat seorang pria yang mengenakan jas hujan berwarna hitam memakai helm berada di atap mobil membantu seorang perempuan keluar dari angkot dengan cara menariknya dari dalam angkot.

Perempuan tersebut berupaya agar bisa naik ke atap mobil. Arus air yang kencang terus mengalir ke bagian dalam mobil. Pada video berikutnya, angkot tersebut terbawa arus air yang kencang beberapa meter.

"Betul tadi ada angkot yang terjebak dan terseret banjir ada sekitar 60 cm. Kejadiannya sekitar 17.30 WIB," ujar Fajar (44 tahun) salah seorang warga di lokasi.

1. Angkot yang terjebak banjir membawa penumpang

Viral Angkot Berisi Penumpang Terseret Banjir di Kota Cimahi(Bangkit Rizki/IDN Times)

Dari yang Fajar ketahui, awalnya angkot tersebut datang dari arah Cigugur Tengah yang memang menjadi area langganan banjir karena luapan Sungai Ciputri. Angkot tersebut diketahui akan mengarah ke Leuwigajah dengan membawa dua orang penumpang.

Angkot tersebut tetap memaksakan untuk menerjang banjir deras sehingga akhirnya terseret. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut karena semua orang yang ada di dalam angkot berhasil diselamatkan.

"Angkotnya kebawa arus karena maksain keluar. Penumpangnya ada dua orang tadi dibantu warga keluar, alhamdulillah selamat. Sekarang angkotnya sudah jalan lagi," ujar dia.

2. Banjir bersumber dari meluapnya Sungai Ciputri

Viral Angkot Berisi Penumpang Terseret Banjir di Kota CimahiIstimewa

Menurut Fajar, banjir yang menerjang Jalan Mahar Martanegara itu bersumber dari Sungai Ciputri yang meluap setelah diguyur hujan. Aliran sungai yang kecil tak sanggup menampung debit air yang deras dari hulu sehingga meluap ke Jalan Cigugur Tengah dan Mahar Martanegara.

Sementara itu berdasarkan pantauan terkini dari banjir yang menerjang Jalam Cigugur Tengah dan Jalan Mahar Martanegara sudah surut. Namun, meski air di Sungai Ciputri terpantau debitnya masih tinggi, arus lalu lintas sudah ramai lancar.

"Memang di sini langganan banjir kalau hujan besar, soalnya salurannya kecil jadi meluap ke jalan," ucap Fajar.

3. BPBD Kota Cimahi angkat suara

Viral Angkot Berisi Penumpang Terseret Banjir di Kota Cimahi(Bangkit Rizki/IDN Times)

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi Fitriandy Kurniawan membenarkan bahwa terdapat angkot yang terjebak arus banjir di Jalan Mahar Martanegara. Angkot tersebut nekat menerobos arus banjir hingga akhirnya terseret air, kata dia.

"Di sekitar Jalan Mahar Martanegara terjadi luapan atau limpasan air dari sungai Cimahi yang cukup deras di atas badan jalan. Ada kejadian angkot yang berusaha menerobos tapi terseret air," kata dia.

Dengan kondisi angkot yang terseret air, ia mengatakan penumpang yang berada di dalam angkot harus dievakuasi. Fitriandy memastikan seluruh penumpang berhasil dievakuasi dengan selamat.

"Semua penumpang terevakuasi dengan selamat tanpa ada korban luka atau meninggal dunia satu orang pun. Jadi saya ulangi tidak ada korban luka maupun jiwa," kata dia.

Baca Juga: Kota Cimahi Ketergantungan Pangan dari Daerah Lain di Jawa Barat

Baca Juga: APK Caleg Dipasang Serampangan di Pohon dan Tiang Listrik di Cimahi

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya