Kota Cimahi Ketergantungan Pangan dari Daerah Lain di Jawa Barat

Lahan pertanian di Kota Cimahi terbatas

Cimahi, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi menyebutkan sulit untuk melepaskan ketergantungan pasokan pangan dari daerah lain, termasuk cabai. Pasalnya, Kota Cimahi bukan daerah penghasil pangan.

Hal itu disampaikan Pejabat (Pj) Wali Kota Cimahi Dicky Saromi dalam acara penanaman bibit cabai bantuan dari Bank Indonesia di Kampung Nyalindung, RT 02/05, Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Selasa (5/12/2023).

"Yang jelas kami masih bergantung kepada daerah penghasil untuk bisa memberikan suplaynya kepada kita," ujar Dicky.

1. Kota Cimahi memiliki keterbatasan lahan

Kota Cimahi Ketergantungan Pangan dari Daerah Lain di Jawa Barat(Bangkit Rizki/IDN Times)

Dicky membeberkan penyebab sulitnya Kota Cimahi melepaskan ketergantungan pangan dari daerah lain. Alasan paling mencolok ialah terbatasnya lahan untuk memproduksi pangan. Lahan pertanian di Kota Cimahi saat ini cukup terbatas sehingga sulit untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kondisi itu tentunya berdampak terhadap harga dan inflasi yang sulit dikendalikan Pemkot Cimahi. Meski begitu, kata Dicky, pemerintah terus berupaya agar ketersediaan dan harga pangan termasuk cabai ini terus terjaga ditengah terbatasnya lahan.

"Yang kami lakukan adalah berupaya dari sisi penyediaan atau suplai bisa dilakukan oleh Cimahi secara mandiri melalui para petani dengan lahan pertanian yang tersedia," tutur Dicky.

2. Pemkot Cimahi jalin kerja sama dengan daerah lain

Kota Cimahi Ketergantungan Pangan dari Daerah Lain di Jawa Barat(Bangkit Rizki/IDN Times)

Dicky melanjutkan, pemerintah sudah menjalin kerja sama dengan Pemkab Garut untuk pengadaan cabai. Nantinya, kebutuhan cabai di pasar di Kota Cimahi bisa langsung dipasok dari para petani Kabupaten Garut.

"Kemarin saya sudah menandatangani kerja sama dengan Kabupaten Garut agar Kabupaten Garut di daerah penghasilnya petani dapat memberikan suplai ke pasar-pasar yang ada di Kota Cimahi," ujarnya.

Selain itu, Pemkot Cimahi juga akan menjajaki kerja sama dengan Pemkab Bandung untuk pemenuhan pangan cabai tersebut. Kerja sama itu dilakukan karena memang Kota Cimahi masih bergantung kepada daerah lain untuk pemenuhan kebutuhan pangan.

"Hari ini kami akan survey juga ke Kabupaten Bandung untuk melihat penghasil di tempat-tempat tertentu yang kemungkinan suplainya bisa masuk ke pasar-pasar di Kota Cimahi," kata Dicky.

3. Kota Cimahi terima bantuan 5.000 bibit cabai

Kota Cimahi Ketergantungan Pangan dari Daerah Lain di Jawa Barat(Bangkit Rizki/IDN Times)

Di tengah keterbatasan lahan ini Pemkot Cimahi terus mendorong para petani agar menanam berbagai jenis hortikultura termasuk cabai. Seperti yang ditanam kali ini di mana para petani mendapat bantuan 5.000 bibit cabai dari Bank Indonesia Perwakilan Jawa Barat.

Pemkot Cimahi juga mendorong di setiap kelurahan memiliki urban farming untuk membudidayakan berbagai jenis tanaman hortikultura. Termasuk cabai yang harganya kerap mengalami kenaikan dan menjadi pemicu tingginya inflasi.

"Alhamdulillah kami mendapatkan bantuan lima ribu bibit cabai dari Bank Indonesia. Kami harapakan bisa dipelihara dan dirawat para petani yang sudah kami tunjuk dan percayakan sehingga tiga bulan lagi insya Allah kami akan datang kemari untuk memanennya," ucap dia.

Baca Juga: Kisruh Pencopotan Pj Walkot Cimahi, BPS: Tak Ada Angka Inflasi Cimahi

Baca Juga: Jawa Barat dan 175 Daerah Dapat Penghargaan Swasti Saba

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya