Terduga Pelaku Pembunuh Gadis Muda di Sungai Citarum Ditangkap Polisi

Jenazag yang ditemukan di Sungai Citarum itu gegerkan warga

Cimahi, IDN Times - Kasus penemuan mayat perempuan berinisial A (18 tahun) yang ditemukan mengapung di di perairan Sungai Citarum, Desa Pangauban, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB) akhirnya terungkap. Gadis itu diduga kuat dibunuh.

Unit Resmob Sat Reskrim Polres Cimahi bersama Polsek Batujajar sudah menangkap pelakunya pada Rabu (13/12/2023) yang menghabisi nyawa korban. Terduga pelaku diamankan di wilayah Katapang, Kabupaten Bandung, setelah dilakukan penyelidikan selama dua hari.

"Tim berhasil mengamankan satu orang yang diduga kuat sebagai pelaku tindak pidana pembunuhan berinisial I (terduga pelaku) yang ditemukan pada hari Senin kemarin," kata Kasat Reskrim Polres Cimahi, AKP Dimas Charis Suryo Nugroho saat dikonfirmasi, Rabu (13/12/2023).

1. Pelaku diduga kuat membunuh korban

Terduga Pelaku Pembunuh Gadis Muda di Sungai Citarum Ditangkap Polisi(Bangkit Rizki/IDN Times)

Korban sebelumnya ditemukan mengapung di perairan Sungai Citarum pada Senin (11/12/2023). Dalam tubuh korban terdapat dua tali kain yang masih mengikat pada lehernya.

Jenazah lalu dikirim ke rumah sakit untuk mengetahui penyebab pasti tewasnya korban, sehingga akhirnya didapati ada tanda-tanda kekerasan.

Berdasarkan hasil autopsi dan keterangan para saksi termasuk keluarga korban, kepolisian kemudian melakukan penyelidikan secara mendalam hingga akhirnya mengetahui identitas terduga pelaku hingga berhasil mengamankannya.

"Kami gunakan semua keterangan-keterangan, kami susuri, datangi alamat-alamat yang didapat dari identitas korban, kemudian dilakukan beberapa metode penyelidikan sehingga tadi pelaku berhasil mengamankan laki-laki (pelaku)," ujar Dimas.

2. Terduga pelaku langsung ditahan guna pemeriksaan lanjutan

Terduga Pelaku Pembunuh Gadis Muda di Sungai Citarum Ditangkap PolisiIlustrasi jenazah (IDN Times/Mardya Shakti)

Terduga pelaku kini sudah berada di Mapolres Cimahi. Dimas mengatakan polisi akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadapa pelaku yang diduga kuat sudah menghabisi korban hingga ditemukan mengapung di perairan Sungai Citarum.

"Berikutnya setalah kami akan melakukan pemeriksaan yang lebih mendalam terkait keterangan, kemudian alat alat bukti untuk mengetahui modus operandi dan motif dari pelaku melakukan tindak pidana tersebut," ujar Dimas.

3. Mayat korban ditemukan SAR gabungan

Terduga Pelaku Pembunuh Gadis Muda di Sungai Citarum Ditangkap PolisiIlustrasi Mayat (IDN Times/Mardya Shakti)

Mayat perempuan yang belum diketahui identitasnya itu ditemukan Tim SAR gabungan yang kebetulan sedang melakukan pencarian terhadap bocah berusia semnilan tahun bernama Alfina yang tenggelam di perairan Sungai Citarum, Desa Batujajar, Kecamatan Batujajat, KBB pada Selasa (5/12/2023).

Namun ketika melakukan pencarian bocah tersebut,Tim SAR gabungan malah menemukan jenazah lain. Mayat tersebut ditemukan di tengah tumpukan sampah di perairan Sungai Citarum.

"Kronologinya korban sudah ada di sungai dengan tumpukan sampah dan posisi sudah ada dipermukaan dengan mengambang. Kalau untuk jenis kelaminnya itu perempuan," ujar Nova Perdiana, Komandan Tim Basarnas Bandung.

Baca Juga: Penemuan Jenazah Gadis Muda di Sungai Citarum Diduga Korban Pembunuhan

Baca Juga: Perempuan Tanpa Identitas Ditemukan Tewas di Sungai Citarum

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya