Tawuran Pelajar dari Berbagai Daerah Pecah di Bandung Barat

Polisi amankan puluhan siswa yang terlibat tawuran

Bandung Barat, IDN Times - Warga dan pengendara di Jalan Raya Cipatat, Desa Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dibuat resah dengan aksi tawuran antara siswa. Polisi yang turun ke lokasi mengamankan puluhan siswa SMK.

Mereka melakukan tawuran secara brutal pada Sabtu (17/9/2023). Para siswa SMK itu terlihat baku hantam hingga menyebabkan sejumlah sepeda motor pelajar rusak dan beberapa pelajar babak belur.

"Total ada 82 pelajar dari empat sekolah yaitu Bekasi, Cileungsi, Jonggol, dan Cipatat yang kami amankan," kata Kapolsek Cipatat AKP Kusmawan saat dihubungi, Minggu (18/9/2023).

 

1. Tawuran terjadi antara siswa SMK beberapa daerah

Tawuran Pelajar dari Berbagai Daerah Pecah di Bandung Barat(Dok/Istimewa)


Tawuran itu melibatkan beberapa sekolah yang bermula saat rombongan pelajar gabungan asal Bekasi, Cileungsi, dan Jonggol pulang dari Kota Bandung. Mereka menumpangi sebuah mobil truk untuk kembali ke wilayahnya.

Kemudian saat di Tempat Kejadian Perkara (TKP), rombongan pelajar itu dicegat oleh pelajar lain. Kemudian terjadilah tawuran.
"Pelajar asal Bekasi itu bermain, jalan-jalan ke Gedung Sate berangkat Jumat, mereka nginep semalam tidur di jalan. Nah, pulangnya dicegat pelajar asal Cipatat, lalu turun dari truk dan terjadilah bentrokan," ujar dia.

Selain baku hantam hingga sejumlah pelajar babak belur, kata Kusmawan, tawuran itu menyebabkan dua unit sepeda motor milik pelajar asal Cipatat mengalami kerusakan cukup parah karena dirusak oleh rombongan pelajar asal Bekasi.

"Motor yang rusak itu milik pelajar yang nyegat karena dirusak oleh massa (pelajar Bekasi)," ucap Kusmawan.

2. Penyebab pecahnya tawuran

Tawuran Pelajar dari Berbagai Daerah Pecah di Bandung Barat(Dok/Istimewa)

Kusmawan mengungkapkan, tawuran antara siswa SMK itu dipicu karena pelajar asal Cipatat yang saat itu melihat rombongan asal Bekasi yang naik mobil truk dengan jumlah banyak tiba-tiba melakukan pengejaran dengan menggunakan sepeda motor.

"Pelajar itu gabung dan numpang dengan menggunakan beberapa truk. Pemicunya karena tiba-tiba mereka yang melintas ramai-ramai dihadang saja sama pelajar yang ada di situ, kemudian mereka tawuran," kata Kusmawan.

Ia mengatakan, aksi tawuran pelajar tersebut langsung dilerai warga setempat dan diamankan petugas yang sedang patroli, kemudian mereka digelandang ke Mapolsek Cipatat untuk dilakukan pemerikasaan lebih lanjut.

"Lalu motor yang rusak juga kami amankan di polsek," ucap Kusmawan.

3. Orang tua siswa dipanggil polisi

Tawuran Pelajar dari Berbagai Daerah Pecah di Bandung BaratIlustrasi tawuran. (IDN Times/ Aditya Pratama)


Setelah puluhan siswa diamankan, kata dia, pihaknya langsung memanggil orangtua dan pihak sekolah masing-masing pelajar tersebut serta memberikan pembinaan agar mereka tidak kembali melakukan perbuatan yang sama.

"Sekarang semua pelajar sudah kita kembalikan karena dari pihak sekolah datang dan orangtuanya menjemput," tutur Kusmawan.

Baca Juga: Ngeri! Bocah di Bandung Barat Dibacok Orang Tak Dikenal

Baca Juga: Modus Jual Perabotan, Pria di Bandung Barat Malah Curi HP

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya