Ratusan Rumah Warga di Melong Cimahi Terendam Banjir

Banjir menerjang saat hujan deras mengguyur

Cimahi, IDN Times - Hujan deras yang menerjang pada Selasa (5/12/2023) sore merendam pemukiman warga di RW 02 Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jawa Barat. Sebanyak 350 rumah warga terendam akibat banjir tersebut.

Yulianti Sulistiani (29 tahun), salah seorang warga mengungkapkan, banjir mulai menerjang wilayahnya saat hujan deras mengguyur sekitar pukul 17.00 WIB. Beberapa waktu kemudian air mulai menggenangi pemukiman di wilayahnya.

"Saya langsung beres-beres barang. Pas lagi beres-beres air langsung masuk ke rumah, ada sekitar 1 meter. Jadinya kasur, perabotan terendam semua," kata dia di lokasi, Rabu (6/12/2023).

1. Barang-barang milik warga terendam banjir

Ratusan Rumah Warga di Melong Cimahi Terendam Banjir(Bangkit Rizki/IDN Times.com)

Berdasarkan pantauan pagi ini warga masih membersihkan rumah dan perkakas lainnya dari sisa banjir semalam. Yulianti mengaku harus begadang semalaman untuk menguras banjir yang merendam rumahnya. Sementara kedua anaknya sudah diungsikan.

"Iya terpaksa begadang, gak akan tidur sepertinya sampai surut dan bersih. Ini masih banyak airnya di rumah. Takut ada yang ambil juga barang-barang," katanya.

Menurutnya, banjir yang datang kali ini paling parah dalam beberapa tahun terakhir. Warga berharap pemerintah segera mencarikan solusi karena bukan tak mungkin banjir akan melanda lagi karena saat ini mulai memasuki musim penghujan.

"Setau saya terakhir banjir mirip kaya gini itu tahun 2017, kalau gak salah. Nah sekarang ini ada lagi yang lebih parah. Di deket masjid itu sampai 3 meter karena kondisinya lebih rendah dari rumah saya," ucap dia.

2. Banjir yang menerjang rumah membuat warga panik

Ratusan Rumah Warga di Melong Cimahi Terendam Banjir(Bangkit Rizki/IDN Times)

Sinta (31) warga lainnya menuturkan, mulanya hujan deras menerjang wilayahnya sekitar pukul 17.00 WIB. Kemudian air yang diduga dari sungai kecil di dekat rumahnya mulai naik hingga akhirnya masuk ke pemukiman warga.

"Saya waktu liat air naik langsung nyoba menutup bagian depan, tapi airnya ternyata deras langsung masuk ke rumah," kata Sinta.

Ia bersama lima orang anggota keluarganya langsung keluar saat itu sebab ketinggian air yang merendam rumahnya saat itu mencapai sekitar 1 meter lebih. Sinta pun tak sempat membereskan barang-barang karena panik melihat air deras masuk ke rumahnya.

"Gak sempat beresin perabotan soalnya air deras pas masuk, pada keluar semua. Pas sudah airnya tenang baru berani masuk ke dalam ternyata ada sepinggang orang dewasa," ujar dia.

3. Ada 350 rumah terendam banjir

Ratusan Rumah Warga di Melong Cimahi Terendam Banjir(Bangkit Rizki/IDN Times)

Lurah Melong Dian Rohmat mendata ada 350 rumah yang tersebar di dempat RT di RW 02 yang terendam banjir. Dia mengatakan ketinggian banjir sempat mencapai sekitar 3 meter. Dia memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

"Yang terdampak banjir ini di RW 02 ada 4 RT. Total ada 350 rumah, 500 KK dan 1.500 jiwa. Banjir masuk ke semua rumah warga. Perabotan seperti kursi dan sebagainya ikut terendam. Tapi paling tinggi itu 3 meter di daerah masjid," katanya.

Baca Juga: Viral Angkot Berisi Penumpang Terseret Banjir di Kota Cimahi

Baca Juga: Kota Cimahi Ketergantungan Pangan dari Daerah Lain di Jawa Barat

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya