Puncak Libur Natal 2023, Lembang Didatangi 20 Ribu Kendaraan Wisatawan

Puncak libur Natal 2023 terjadi hari ini

Bandung Barat, IDN Times - Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat (KBB) memperkirakan sebanyak 20 ribu kendaraan masuk ke kawasan wisata Lembang pada Minggu (24/12/2023) yang bertepatan dengan libur panjang Natal 2023.

Kendaraan dari arah Bandung menuju Lembang mendominasi Jalan Raya Lembang ketimbang dari arah sebaliknya. Pihak kepolisian sudah melakukan empat kali oneway sepenggal. Tiga kali dari arah Bandung menuju Lembang dan sekali dari arah Lembang menuju Bandung.

"Ya hari ini sekitar 20 ribu kendaraan mungkin yang masuk ke Lembang. Kemarin saja sekitar 16 ribuan kendaraan," kata Kepala Dinas Perhubungan KBB, Fauzan Azima di Lembang.

1. Hari ini puncak kunjungan libur Natal 2023

Puncak Libur Natal 2023, Lembang Didatangi 20 Ribu Kendaraan Wisatawan(Bangkit Rizki/IDN Times)

Seperti diketahui libur panjang Natal 2023 akan berlangsung hingga Senin (25/12/2023). Meski libur masih tersisa sehari lagi, namun Dinas Perhubungan KBB memprediksi puncak wisatawan ke Lembang terjadi hari ini.

"Kemungkinan memang hari ini puncak kedatangan wisatawan ke Lembang. Yang jelas terus terjadi peningkatan (di Jalan Raya Lembang)," kata Fauzan.

Fauzan mengatakan jumlah kunjungan wisatawan pada hari Minggu ini, meningkat sekitar 25 persen dibandingkan dengan dari kunjungan di hari sebelumnya.

2. Polisi berlakukan one way untuk urai kemacetan

Puncak Libur Natal 2023, Lembang Didatangi 20 Ribu Kendaraan Wisatawan(Bangkit Rizki/IDN Times)

Kasat Lantas Polres Cimahi AKP Sudirianto mengayakan, dengan banyaknya kendaraan yang masuk ke Lembang ini pihaknya harus melakukan beberapa kali one way, baik dari arah Kota Bandung menuju Lembang dan arah sebaliknya agar tidak terjadi penumpukan kendaraan.

"Kami telah menerapkan cb (cara bertindak) one way sebanyak 17 kali dengan rincian dari bawah (Bandung) 10 kali, kemudian dari atas (Lembang) 7 kali," kata Sudirianto.

Ia mengatakan, cb one way tersebut diterapkan paling lama 15 menit sesuai dengan banyaknya kendaraan wisatawan terutama roda empat yang datang arah Kota Bandung.

"Sampai sore ini penerapan cb one way sangat efektif karena kita ketahui lebar jalan tidak terlalu besar jadi kita gunakan sepenggal dan melihat dari arah mana ada kepadatan," ucapnya

3. Arus balik wisatawan akan terjadi besok

Puncak Libur Natal 2023, Lembang Didatangi 20 Ribu Kendaraan Wisatawan(Bangkit Rizki/IDN Times)

Sementara untuk puncak arus balik wisatawan saat momen libur Natal dari Lembang akan terjadi pada Senin(25/12/2023). Namun, pihaknya memprediksi bakal ada wisatawan lokal yang silih berganti berdatangan ke kawasan objek wisata Lembang.

"Arus balik wisatawan kemungkinan besok (Senin) karena hari Selasa sudah ada yang masuk kerja lagi, tapi silih berganti dengan wisatawan lokal yang akan naik ke Lembang, jadi kami terus melakukan pengaturan arus lalu lintas," tutur Sudirianto.

Baca Juga: Libur Nataru 2023, Kawasan Lembang Ramai Diserbu Wisatawan

Baca Juga: Objek Wisata Lembang Bakal Dijaga Ribuan Petugas Saat Libur Nataru

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya