Libur Nataru 2023, Kawasan Lembang Ramai Diserbu Wisatawan

Puncak kunjungan diprediksi hari ini

Bandung Barat, IDN Times - Wisatawan mulai menyerbu kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Minggu(24/12/2023). Para wisatawan ini menghabiskan momen libur Natal dan Tahun (Nataru) Baru 2024. Arus lalu lintas pun mengalami peningkatan.

Kendaraan dari arah Bandung menuju Lembang dan sebaliknya terpantau memadati Jalan Raya Lembang. Tak cuma minibus berpelat nomor luar Bandung Raya, juga mulai banyak bus yang datang dari arah Bandung menuju objek wisata di kawasan Lembang.

"Kenaikan sekitar 25 persen. Rinciannya kemarin ada 18 ribu kendaraan naik ke arah Lembang dan 20 ribu yang turun dari Lembang," kata Kasat Lantas Polres Cimahi, AKP Sudirianto di Lembang, Minggu (24/12/2023).

1. Arus lalu lintas masih terkendali

Libur Nataru 2023, Kawasan Lembang Ramai Diserbu Wisatawan(Bangkit Rizki/IDN Times)

Meski ada peningkatan mobilitas kendaraan di kawasan wisata Lembang, kata dia, arus lalu lintas masih terkendali dan lancar. Pihaknya memprediksi puncak kunjungan wisatawan ke kawasan Lembang bakal terjadi pada hari ini lantaran libur Natal hingga hari Senin (25/12/2023).

"Prediksi puncak kedatangan wisatawan diperkirakan hari ini. Pagi ini, volume kendaraan diperkirakan terus naik sampai sore nanti," ujar Sudirianto.

2. Ada titik trouble spot di Lembang

Libur Nataru 2023, Kawasan Lembang Ramai Diserbu Wisatawan(Bangkit Rizki/IDN Times)

Pihak kepolisian meminta wisatawan mewaspadai trouble spot atau simpul kemacetan di kawasan wisata Lembang pada momen libur panjang kali ini. Biasanya simpul kemacetan terjadi di Simpang Beatrix, Pasar Panorama, Grandhotel, dan di depan objek wisata Farmhouse.

"Di Lembang ada titik trouble spot lainnys, yakni di Pasar Ahad dan di Pom Bensin Ciburial arah Cikole, " ucap dia.

Di situ pihaknya menempatkan personel tambahan. Kemudian mendirikan pos pengamanan di Cikole memantau pergerakan wisatawan dari arah Subang ke Lembang

"Di trouble spot itu kita tempatkan personel, masing-masing 2 personel di setiap titik. Untuk sebagian lagi bersiaga di pos pengamanan," ujar Sudirianto.

3. Polisi terjunkan tim urai

Libur Nataru 2023, Kawasan Lembang Ramai Diserbu Wisatawan(Bangkit Rizki/IDN Times)

Untuk mengatasi kemacetan, polisi sudah menyiapkan tim urai di kawasan Lembang dan Padalarang, serta Kota Cimahi. Tim urai itu disiagakan sepanjang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) sejak Jumat (22/12/2023) hingga Senin (1/1/2024) mendatang.

"Kita juga terjunkan tim urai, jumlah personelnya 60 orang. 20 di Cimahi, 20 di Lembang, dan 20 di Padalarang," tutur Sudirianto.

Baca Juga: Objek Wisata Lembang Bakal Dijaga Ribuan Petugas Saat Libur Nataru

Baca Juga: Objek Wisata Lembang Siap Sambut Wisatawan Natal dan Tahun Baru 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya