Longsor Rusak Tiga Rumah Panggung di Bandung Barat

Longsor terjadi saat hujan deras

Cimahi, IDN Times - Longsor yang disebabkan hujan deras mengakibatkan sejumlah rumah di Kampung Citiis, RT 02/11, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengalami kerusakan berat pada Selasa (21/11/2023) malam.

"Betul sekitar pukul 22.00 WIB telah terjadi bencana alam tanah longsor di wilayah Desa Cicadas, Kecamatan Rongga," kata Camat Rongga Agus Rudianto saat dihubungi, Rabu (22/11/2023).

1. Kronologi longsor terjang rumah di KBB

Longsor Rusak Tiga Rumah Panggung di Bandung Barat(Dok/Istimewa)

Agus mengungkapkan, bencana longsor di wilayah selatan Bandung Barat itu bermula saat hujan deras yang menguyur dengan curah yang tinggi hingga pukul 21.30 WIB. Hingga pukul 22.00 WIB terjadilah bencana longsor menerjang wilayah yang berada pelosok itu.

Namun sebelum longsor menerjang, warga mendengar suara gemuruh dan suara seperti pohon tumbang sehingga berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Setelah itu warga menyaksikan rumah mereka rusak diterjang longsor.

"Jam 21.30 WIB terdengar suara gemuruh dan terjadi tanah longsor hingga terdampak beberapa titik lokasi kejadian terkena bencana alam yang mengakibatkan beberapa rumah penduduk terkena longsoran tanah dan terancam," ujar Agus

2. Tiga rumah rusak berat dan tujuh rumah terancam

Longsor Rusak Tiga Rumah Panggung di Bandung Barat(Dok/Istimewa)

Agus mengatakan, bencana longsor tersebut berdampak terhadap kerusakan rumah warga. Ada tiga rumah yang mengalami kerusakan yang sangat berat, satu rumah di antaranya rata dengan tanah. Sedangkan tujuh rumah lainnya yang berada di kampung tersebut terancam terkena longsor susulan.

"Rumah yang roboh ada tiga, yang terancam ada tujuh. Ada yang rata dengan tanah satu rumah, dua rumah lagi hancur dan rusak berat tapi gak sampai rata," kata Agus.

Selain itu, ada tujuh rumah lainnya yang terancam terkena dampak susulan. Agus mengatakan untuk sementara ini pihaknya sudah menyalurkan bantuan darurat bagi warga terdampak longsor.

"Kami sudah salurkan bantuan dari lumbung sosial Kecamatan Rongga makanan siap saji, pampers, makanan ringan," ucap dia.

3. Warga yang terdampak telah mengungsi

Longsor Rusak Tiga Rumah Panggung di Bandung Barat(Dok/Istimewa)

Akibat bencana tersebut semua warga yang terdampak diungsikan ke rumah RT dan RW setempat hingga kerabatnya. Ada sebelas kepala keluarga dengan 44 jiwa yang terdampak yang harus mengungsi sementara.

"Untuk saat ini seluruh warga terdampak longsor baik yang rumahnya rusak berat atau pun terancam diungsikan di rumah keluarga masing-masing karena rawan longsor susulan," kata dia.

Baca Juga: Jual Obat Terlarang, Dua Mahasiswa di KBB Ditangkap Polisi

Baca Juga: Dua Rumah di Bandung Barat Rusak Berat Diterjang Angin dan Longsor

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya