Dua Rumah di Bandung Barat Rusak Berat Diterjang Angin dan Longsor

Dua penghuni rumah terpaksa mengungsi

Bandung Barat, IDN Times - Dua rumah di Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengalami kerusakan yang cukup parah usai diterjang longsor dan angin kencang. Akibatnya, dua penghuni rumah tersebut harus mengungsi untuk sementara waktu.

Rumah yang rusak itu di antaranya milik Mamay Rusmaidi (60 tahun) di Kampung Cilame, RT 02/19, Desa Campakamekar, Kecamatan Padalarang, Kabaupaten Bandung Barat (KBB). Rumah yang dihuni empat jiwa itu rusak parah setelah diterjang hujan ringan disertai angin kencang pada Senin (13/11/2023) sekitar pukul 12.30 WIB.

"Kami terima laporan ada satu rumah ambruk saat hujan angin tadi siang. Kemudian kami mengecek ke lokasi kejadian," kata Petugas Lapangan BPBD KBB, Rudi Wibiksana.

1. Kronologi angin kencang rusak rumah warga

Dua Rumah di Bandung Barat Rusak Berat Diterjang Angin dan LongsorRumah Warga di Kampung Cilame, RT 02/19, Desa Campakamekar, Kecamatan Padalarang, KBB Rusak Usai Diterjang Angin. (Istimewa)

Berdasarkan keterangan yang dihimpun, peristiwa bencana alam itu terjadi disaat hujan ringan mengguyur wilayah Bandung Barat. Kemudian tiba-tiba muncul angin kencang yang menerjang, yang membuat
atap rumah ambruk, yang disusul dinding yang roboh.

"Penghuninya lalu lari keluar rumah. Lalu ada anaknya yang masuk lagi untuk menolong ibunya yang saat kejadian sedang berada di dapur yang sedang cuci piring. Alhamdulillah semuanya selamat," ujar Rudi.

Berdasarkan hasil assesment, terang Rudi, selain karena faktor alam, kerusakan rumah itu diperberat dengan kondisi bangunan yang memang sudah tua sehingga kerusakan pada bangunan cukup parah. Tak ada korban jiwa akibat peristiwa itu, hanya saja rumah mengalami kerusakan berat.

"Kerusakan para pada bagian atap dan dinding. Kemudian ada yang retak-retak juga, jadi kerusakannya bisa dikategorikan parah," imbuhnya.

Seluruh penghuni rumah itu kemudian mengungsi ke rumah kerabatnya mengingat rumah tersebut tak mungkin ditinggali sampai ada perbaikan secara menyeluruh. BPBD KBB sudah melakukan assement dan menyalurkan bantuan kedaruratan.

"Alhamdulillah untuk korban tidak ada, pemiliknya sudah diungsikan ke rumah kerabatnya. Hasil assessment, diperlukan segera kebutuhan seperti terpal, perlatan dapur, dan bahan bangunan," ujar.

2. Rumah di Cililin tertimpa material longsor

Dua Rumah di Bandung Barat Rusak Berat Diterjang Angin dan Longsor(Dok/Istimewa)

Sedangkan satu rumah lainnya yang rusak berat bersda di Kampung Cipeuteuy RT 01/RW 04, Desa Karyamukti, Kecamatan Cililin, KBB. Rumah milik Ako (62) itu tertimpa material longsor akibat Tembok Penahan Tanah (TPT) di atasnya ambruk. Akibatnya, pemilik rumah dan keluarganya harus mengungsi sementara.

"Satu rumah yang rusak, milik Pak Ako. Kerusakannya di bagian belakang, karena tertimpa material longsor," ujar Sekretaris Desa Karyamukti, Sutandar.

Sutandar mengatakan, TPT yang ada di tepi Jalan Kampung Cipeuteuy itu baru saja diperbaiki pemiliknya sebulan lalu. Namun tiba-tiba longsor usai diguyur hujan deras yang terjadi sejak siang hari.

"Jadi TPT itu punya warga, baru sebulan diperbaiki. Mungkin karena tanahnya labil, jadi setelah hujan itu tiba-tiba longsor. Materialnya menimpa rumah Pak Ako yang ada di bawahnya," kata dia.

3. TPT yang ambruk sudah diperbaiki

Dua Rumah di Bandung Barat Rusak Berat Diterjang Angin dan Longsorilustrasi bencana longsor (IDN Times/Aditya Pratama)

Longsor tersebut tak sampai menyebabkan akses warga terganggu dan dipastikan tidak ada korban jiwa. Sementara warga kemudian bergotong royong membersihkan material longsor di rumah korban. Pihaknya pun sudah melakukan perbaikan untuk mengantisipasi longsor susulan.

"Tadi pagi langsung dibersihkan sisa longsornya. Alhamdulillah kalau akses tidak terganggu, hanya pinggiran TPT saja yang longsor," ujar dia.

Baca Juga: Diterjang Angin Kencang, 6 Ruang Kelas di Sekolah SDN 3 Cimahi Rusak

Baca Juga: Angin Puting Beliung Porak-porandakan Rumah Warga di Bandung Barat

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya