Diterjang Angin Kencang, 6 Ruang Kelas di Sekolah SDN 3 Cimahi Rusak

Angin kencang terjang satu sekolah di Cimahi

Cimahi, IDN Times - Hujan deras disertai angin kencang membuat sejumlah ruang kelas SDN Baros Mandiri 3 Cimahi mengalami kerusakan. Imbasnya, aktivitas sekolah diliburkan sementara, dialihkan secara daring.

Peristiwa angin kencang yang menerjang sekolah yang terletak di Jalan Haji Haris, Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat itu terjadi pada
Selasa (31/10/2023). Saat itu, masih ada kelas 5-6 yang masih mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di lantai empat.

Sri Wahyuni, guru kelas 6 SDN Baros Mandiri 3 mengatakan, peristiwa angin kencang yang menerjang itu bermula ketika hujan deras turun sekitar pukul 13.30 WIB. Saat itu sedang mengajar bersama 36 siswa kelas 6A.

"Saya waktu itu sedang ngajar tiba-tiba hujan. Biasanya kan kalau kelas 5 sama 6 itu pulangnya jam 2 siang. Lalu saya ganjal pintu pake meja, karena biasanya memang kalau hujan besar selalu diganjal," ujar Sri di sekolah, Rabu (1/11/2023).

 

1. Kronologi angin terjang sekolah di Cimahi

Diterjang Angin Kencang, 6 Ruang Kelas di Sekolah SDN 3 Cimahi Rusak(Bangkit Rizki/IDN Times)

Kemudian angin yang begitu kencang itu akhirnya membuat pintu ruang kelas 6A SDN Baros Mandiri 3 jebol dan rusak. Padahal saat itu Sri hendak menguatkan ganjalan pintu ruang kelas agar tidak terbuka tertiup angin.

"Tadi saya itu mau ke arah pintu lagi buat ganjal tambahan, baru tiga langkah tiba-tiba angin masuk kaya menggumpal kaya angin puting beliung gitu. Pintunya jebol, rusak. Pas saya liat ke belakang ternyata jendela udah terbang, rusak sama buku pada terbang," ungkap Sri.

Setelah itu dia melihat ke belakang jendela juga ternyata sudah jebol dan terbang dihempas angin kencang. Para siswa yang menyaksikan fenomena alam itu langsung berteriak histeris. Sri yang saat itu masih panik mengarahkan agar siswa keluar dari ruangan kelas.

"Anak-anak pada nangis, menjerit ketakutan. Saya juga takut, deg-degan. Bahkan pas turum tangga masih merangkak. Tapi alhamdulillah gak ada korban," ujar dia.

2. Aktivitas sekolah sementara diliburkan

Diterjang Angin Kencang, 6 Ruang Kelas di Sekolah SDN 3 Cimahi Rusak(Bangkit Rizki/IDN Times)

Akibat kejadian tersebut, pihak sekolah mengambil kebijakan untuk meliburkan para siswa kelas 1-6 SDN Baros Mandiri 3 Cimahi untuk sementara. Siswa diwajibkan belajar di rumah hingga tiga hari ke depan.

Guru Kelas 6A SDN Baros Mandiri 3 Sri Wahyuni mengatakan, aktivitas Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) para siswa untuk sementara akan dialihkan secara daring hingga Jumat (3/11/2023).

"Kita trauma, juga jadi saya mengusulkan untuk daring dulu di rumah sampai hari Jumat. Jadi masuk lagi rencananya Senin, karena Sabtu dan Minggu kan memang libur," ucap Sri.

Dia mengatakan, meskipun kerusakan kelas hanya terjadi di lantai 3 dan 4 yang dihuni kelas 5-6, namun kebijakan menghentikan aktivitas KBM di sekolah diberlakukan untuk semua kelas. Keputusan itu dibuat untuk keamanan dan keselamatan siswa.

"Walaupun gak terdampak semua kelas tapi semuanya daring dulu di rumah. Bukan berarti siswa libur belajar, mereka tetap barus belajar tapi secara online," tegas Sri.

3. Enam ruangan di SDN Baros Mandiri 3 rusak

Diterjang Angin Kencang, 6 Ruang Kelas di Sekolah SDN 3 Cimahi Rusak(Bangkit Rizki/IDN Times)

Ipin, penjaga sekolah SDN Baros mengatakan total ada sekitar enam ruang kelas yang mengalami kerusakan setelah diterjang angin kencang. Dari mulai ruang kelas, ruang perpustakaan dan ruang kosong yang belum terpakai.

"Ruang kelas itu yang rusak ada tiga di lantai 4 dan lantai 3. Tapi yang parah itu satu ruangan di kelas 6. Rusaknya itu jendela pada terbang sama pintu rusak dan plafon," ujar Ipin.

Dia mengatakan, kencangnya angin yang menerjang saat hujan deras siang kemarin bahkan membuat 10 sepeda motor berjatuhan. "Motor itu pada jatuh, kemudian ada empat motor udah jatuh lalu ketimpa plafon di ruang bawah. Untungnya gak rusak parah paling lecet aja," ucap Ipin.

Baca Juga: Kota Cimahi Diguyur Hujan Es Sebesar Kelereng

Baca Juga: Angin Puting Beliung Porak-porandakan Rumah Warga di Bandung Barat

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya