Angin Puting Beliung Porak-porandakan Rumah Warga di Bandung Barat

Pemilik rumah harus mengungsi usai rumahnya diterjang angin

Bandung Barat, IDN Times - Satu rumah warga di Kampung Rancatiis, RT 02, RW 05, Desa Galanggang, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat rusak parah usai diterjang angin puting beliung pada Rabu (4/10/2023).

Laporan rumah yang nyaris rata dengan tanah itu diterima Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB sekitar pukul 11.30 WIB. Petugas lapangan BPBD langsung melakukan assesment.

"Kami terima laporan mengenai adanya satu unit rumah roboh akibat angin kencang sekitar jam 11.30 WIB. Setelah kita asesment kondisi rumahnya rusak berat," kata Petugas Lapangan BPBD Bandung Barat Rudi Wibiksana, Rabu (4/10/2023).

1. Kronologis angin puting beliung menyapu rumah warga

Angin Puting Beliung Porak-porandakan Rumah Warga di Bandung Barat(Dok/Istimewa)

Rudi mengungkapkan, berdasarkan keterangan warga, angin puting beliung kencang itu datang dari arah barat menuju ke arah timur. Tepat di permukiman warga angin itu menghantam bangunan atap rumah yang diketahui milik Yudi (45) yang dihuni bersama empat anggota keluarganya.

"Angin berputar di sekitar rumah korban dan menerjang bangunan. Sehingga atap rumah milik bapak Yudi ambruk, diikuti dengan dinding rumah yang juga ikut roboh," ujar Rudi.

Angin kencang itu pertama-tama memporak-porandakan bagian atap rumah, namun tak berselang lama dinding rumah tak kuat menahan angin kencang sehingga material rumah ambruk dan menimpa barang-barang di dalamnya.

"Setelah rumah ambruk, saksi langsung lapor ke aparat kewilayahan desa dan Kecamatan. Selanjutnya bersama warga sekitar petugas membantu evakuasi barang-barang yang bisa diselamatkan," ucap Rudi.

2. Keluarga mengungsi ke rumah orang tua

Angin Puting Beliung Porak-porandakan Rumah Warga di Bandung Barat(Dok/Istimewa)

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Hanya saja pemilik rumah mengalami kerugian material akibat kerusakan bangunan rumah berukuran 6x8 meter persegi.

"Tidak ada korban jiwa. Penghuni rumah jumlahnya 4 orang, mereka terpaksa harus mengungsi ke rumah saudaranya," ucap dia.

Rudi mengatakan, untuk penanganan awal pihaknya sudah menyakurkan bantuan dasar dari mulai logistik, terpal, alas tidur, peralatan dapur hingga sembako. Sedangkan untuk banguan material rumah akan disiapkan pihak desa dan kecamatan setempat.

"Kalau untuk bantuan logistik kita sudah salurkan. Informasinya untuk bantuan fisik seperti material rumah juga mulai disalurkana kecamatan dan desa," ujar Rudi.

Baca Juga: Angin Puting Beliung di Mulyodadi Bantul Robohkan 2 Tenda

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya