Hari Terakhir Libur Natal, Objek Wisata di Lembang Diserbu Pengunjung

Arus balik wisatawan diprediksi malam ini

Bandung Barat, IDN Times - Hari terakhir libur Natal 2023, kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) masih dipadati para pelancong. Terjadi kepadatan di ruas Jalan Raya Lembang dari arah Bandung menuju Lembang.

Berdasarkan pantauan pada Senin (25/12/2023), mobilitas kendaraan wisatawan di Lembang masih cukup tinggi.
Kendaraan pun terpantau banyak yang hendak masuk ke objek wisata.

Libur Natal hari ini diprediksi menjadi momentum arus balik wisatawan dari Lembang ke daerahnya masing-masing. Arus balik disebut bakal terjadi pada Senin sore hingga malam hari.

"Arus balik diprediksi hari ini sampai malam hari. Jadi wisatawan yang masih banyak menginap di Lembang itu kemungkinan langsung turun semua hari ini," kata Kasat Lantas Polres Cimahi, AKP Sudirianto di Lembang.

1. Polisi lakukan one way untuk mengurai kepadatan

Hari Terakhir Libur Natal, Objek Wisata di Lembang Diserbu Pengunjung(Bangkit Rizki/IDN Times)

Untuk mengurai arus lalu lintas di kawasan wisata Lembang agar tidak padat, kepolisian sejak pagi hingga siang sudah melakukan lima kali oneway sepenggal. Penarikan kendaraan didominasi dari arah Bandung menuju Lembang.

"Lima kali oneway dan itu akan terus bertambah. Tadi tiga kali dari Bandung ke Lembang dan dua kali dari Lembang ke Bandung. Tapi nanti sore kami prioritaskan penarikan kendaraan dari arah Subang dan Lembang ke arah Bandung," ujar Sudirianto.

Polisi sendiri mengandalkan rekayasa lalu lintas dengan cara melakukan oneway sepenggal untuk mengurai kepadatan kendaraan di Jalan Raya Lembang.

"Sampai hari ini oneway sepenggal jadi cara yang paling efektif untuk mengurai kepadatan di Jalan Raya Lembang," ucap Sudirianto.

2. Kendaraan yang masuk ke Lembang menurun

Hari Terakhir Libur Natal, Objek Wisata di Lembang Diserbu Pengunjung(Bangkit Rizki/IDN Times)

Puncak kunjungan wisatawan ke Lembang sendiri, kata Sudirianto, sudah terlewati pada hari Minggu (24/12/2023). Berdasarkan catatan Dinas Perhubungan KBB, ada 32 ribu kendaraan masuk ke arah Lembang dan 22 ribu kendaraan turun dari Lembang ke Bandung.

Namun untuk hari ini sedikit mengalami penurunan. Mobilitas kendaraan yang berada di kawasan Lembang kemungukinan adalah wisatawan yang sudah masuk di hari sebelumnya.

"Hari ini, sampai siang baru ada 7 ribuan kendaraan yang masuk ke arah Lembang. Memang menurun ketimbang hari kemarin, karena mungkin masih banyak umat kristiani yang melaksanakan Natal," tutur Sudirianto.

3. Pengelola buka tutup objek wisata

Hari Terakhir Libur Natal, Objek Wisata di Lembang Diserbu Pengunjung(Bangkit Rizki/IDN Times)

Kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata di Lembang memang mengalami lonjakan selama libur panjang Natal 2023.
Seperti yang terpantau di objek wisata The Great Asia Africa (TGAA) Lembang dan Farmhouse, sejumlah wisatawan terlihat membludak hingga tempat parkir di dua objek wisata itu penuh dan petugas harus melakukan buka tutup.

Public Relations TGAA dan Farmhouse Lembang, Intania Setiati mengatakan, tingkat kunjungan wisatawan pada momentum libur Natal ini mengalami kenaikan sekitar 25 persen jika dibandingkan dengan hari libur biasa.

"Faktor yang mempengaruhi kunjungan wisatawan saat Natal meningkat karena liburnya agak panjang ya, jadi banyak yang sengaja liburan ke Lembang," ujar dia.

Baca Juga: Puncak Libur Natal 2023, Lembang Didatangi 20 Ribu Kendaraan Wisatawan

Baca Juga: Bus Pariwisata Dilarang Bunyikan Klakson Telolet di Kawasan Lembang

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya