Emak-emak Serbu Beras Gratis Program Cadangan Pangan di Kota Cimahi

Beras merupakan bantuan cadangan pangan pemerintah pusat

Cimahi, IDN Times - Pembagian beras dari program cadangan pangan pemerintah pusat diserbu warga Kota Cimahi, Jawa Barat pada Jumat (10/11/2023). Pembagian beras dilakukan di Kantor Pos Indonesia Cabang Cimahi, Jalan Gatot Subroto.

Berdasarkan pantauan IDN Times, warga yang didominasi emak-emak itu sudah antre panjang sejak pukul 08.00 WIB untuk mengambil jatah beras satu karung yang berisi 10 kilogram itu. Mereka yang antre merupakan warga yang terdaftar dalam Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Salah satu emak-emak yang rela antre adalah Ani Suryani (40), warga Kelurahan Pasirkaliki, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi. Dia mengaku sudah datang sejak pukul 08.00 WIB di Kantor Pos Indonesia Cabang Cimahi untuk mendapatkan beras gratis.

"Tadi datang sekitar jam 8-an, kemudian harus antre. Kebagian jam 10. Tapi gak apa-apa yang penting bisa dapat beras gratis," kata Ani.

 

1. Beras cadangan pangan murah ini membantu warga

Emak-emak Serbu Beras Gratis Program Cadangan Pangan di Kota Cimahi(Bangkit Rizki/IDN Times)

Dia mengatakan beras gratis ini sangat membantu mengurangi beban pengeluaran ekonomi keluarganya ditengah harga beras di pasaran yang masih tinggi. Saat ini beras kualitas medium di pasaran masih dijual Rp13.000-14.000 per kilogram. Sedangkan untuk kualitas premium dijual Rp14.000-15.000 per kilogram.

Harga yang begitu tinggi itu tentunya sangat memberatkan bagi warga Kota Cimahi. Imbasnya, Ani pun terpaksa harus mengirit biaya pengeluaran. Beruntungnya untuk saat ini dia sudah masuk KPM sehingga bisa mendapatkan beras cadangan pangan.

"Alhamdulillah dapat bantuan, seneng. Sekarang harga di pasar masih mahal, Rp14 ribu per kilogram. Jadi saya kalau beli juga di warung ngirit-ngirit," ujar Ani.

2. Sebanyak 34 ribu KPM di Kota Cimahi mendapat bantuan cadangan pangan

Emak-emak Serbu Beras Gratis Program Cadangan Pangan di Kota Cimahi(Bangkit Rizki/IDN Times)

Berdasarkan data, warga Kota Cimahi mendapatkan bantuan cadangan pangan berupa beras mencapai 34.725 KPM. Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi Dicky Saromi mengatakan, bantuan sudah disalurkan secara bertahap kepada penerima.

"Penerimanya 34.725 KPM, yang hari ini 900-an di sini (Kantor Pos). Kita bagi beberapa tahapan," ucap Dicky.

Dicky mengatakan, bantuan cadangan pangan berupa beras dari pemerintah pusat ini merupakan yang kesekian kalinya disalurkan di Kota Cimahi. Pihaknya berharap bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat ditengah tingginya harga berbagai kebutuhan pokok masyarakat.

"Cadangan pangan dari pemerjntah pusat ini sudah beberapa kali, yang kita lakukan berasatkan data base supaya KPM yang menerima tepat sasaran. Kita fokus membantu mereka yang membutuhkan," ujar Dicky.

Baca Juga: Kenaikan Harga Beras Bisa Berdampak pada Nilai Inflasi di Jawa Barat

Baca Juga: Warga Bandung Rela Antri Berjam-jam Demi Beras dan Minyak Murah

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya