Usut Deklarasi, Pemda KBB Bakal Panggil Pimpinan Jemaah Tentara Allah

Kesbangpol bakal gandeng MUI dan FKUB KBB untuk penyelidikan

Bandung Barat, IDN Times - Deklarasi jemaah Jundullah atau tentara Allah di Kampung Sasak Bubur, RT04/03, Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengundang perhatian banyak pihak. Maksud dan tujuan jemaah itu pun masih ditelusuri kejelasannya.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat akan memanggil pimpinan jemaah Jundullah itu. Seperti diketahui, deklarasi jemaah tersebut dipimpin oleh Erwan Sa'ad. Erwan memimpin berlangsungnya deklarasi yang dilakukan pada Jumat (1/1/2021) lalu.

1. MUI dan FKUB akan temui deklarator

Usut Deklarasi, Pemda KBB Bakal Panggil Pimpinan Jemaah Tentara AllahIDN Times/Galih Persiana

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) KBB Jaja mengatakan, untuk mengusut maksud dan tujuan deklarasi tersebut, pihaknya menggandeng MUI dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) untuk menyelidiki.

"Hari ini kita akan menerjunkan tim dari MUI dan FKUB untuk menyelidiki dan menemui para deklarator. Kita coba panggil juga Erwan Sa'ad sebagai pemimpinnya," kata Jaja.

2. Persoalan menyangkut faham keagamaan

Usut Deklarasi, Pemda KBB Bakal Panggil Pimpinan Jemaah Tentara AllahQureta

Jaja menjelaskan, MUI nantinya akan menyelidiki bagaimana faham keagamaan yang mereka percayai. Sementara FKUB akan menyelidiki apakah keberadaan jemaah ini akan mengganggu umat beragama yang lain atau tidak.

"Kenapa ada MUI dan FKUB, karena ini menyangkut paham keagamaan, nanti MUI yang lebih tahu paham ini menyimpang atau tidak," jelasnya.

3. TNI-POLRI sudah datangi deklarator

Usut Deklarasi, Pemda KBB Bakal Panggil Pimpinan Jemaah Tentara AllahIlustrasi berdoa (IDN Times/Umi Kalsum

Jaja menyampaikan, pihaknya sudah menemui para jemaah yang ikut deklarasi. Namun lagi-lagi Kesbangpol sulit menemui pimpinan jemaah Erwan Sa'ad. Untuk lebih jauh, Kesbangpol akan menunggu Erwan Sa'ad mau memberikan keterangan terkait deklarasi yang ia pimpin.

"Kemarin sebetulnya sudah menggelar pertemuan dengan Danramil dan Kapolsek menanyakan kejadian itu. Tapi untuk menyimpulkan apakah ini aliran menyimpan kita akan kembali melakukan pendalaman dengan menggandeng MUI dan FKUB," papar Jaja.

4. MUI belum bisa simpulkan menyimpang atau tidak

Usut Deklarasi, Pemda KBB Bakal Panggil Pimpinan Jemaah Tentara AllahLogo Majelis Ulama Indonesia (MUI) (IDN Times/Mui.or.id)

Sementara itu, Ketua MUI Bandung Barat Muhammad Ridwan mengatakan, pihaknya akan terlebih dahulu meminta keterangan kepada pimpinan jemaah Erwan Sa'ad. Saat ini, Ridwan belum bisa menyimpulkan apakah jemaah tersebut menyimpang atau tidak.

"Ini harus dipanggil agar jelas maksud dan tujuannya. Tapi sejauh ini tidak ada atribut aneh yang digunakan. Kalau sudah jelas keterangan dari yang bersangkutan, nanti bisa disimpulkan," kata Ridwan.

Baca Juga: Geger! Warga KBB Deklarasikan Diri Jadi Tentara Allah

Baca Juga: Deklarasi Tentara Allah di KBB Tak Berizin! Ini Kesaksian Ketua RW 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya