Geger! Warga KBB Deklarasikan Diri Jadi Tentara Allah

Sekelompok jemaah itu melakukan deklarasi di Cihampelas, KBB

Bandung Barat, IDN Times - Sebuah video amatir menunjukkan adanya sekelompok jemaah di Kampung Sasak Bubur, Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mendeklarasikan diri sebagai tentara Allah atau Jundullah.

Dalam video tersebut pimpinan jemaah berdiri paling depan dengan balutan gamis putih mengucapkan teks deklarasi pembentukan jemaah tentara Allah yang diikuti jemaah di belakangnya.

Diketahui, pimpinan jemaah tersebut bernama Erwan Sa'ad mengawali deklarasi dengan pembacaan dua kalimat syahadat. Jemaah yang berdiri di belakang Erwan Sa'ad mengikuti apa yang diucapkan pimpinannya.

1. Begini isi deklarasinya

Deklarasi itu digelar di sebuah masjid dengan latar berwarna hijau di Kampung Sasak Bubur, RT 04 RW 03 Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat pada Jumat 1 Januari 2021 lalu.

"Deklarasi pembentukan Jundullah atau tentara Allah. Bahwa pada hari ini Jumat 1 januari 2021 di Masjid Allah Sawah, Sasak Bubur, Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas, KBB dibentuk suatu jemaah yang diberi nama Jundullah atau tentara Allah dengan penanggungjawab Erwan Sa'and. Untuk bersama-sama Insya Allah berjuang membuktikan Al Quran surat ke 42 ayat 13 dan Al Quran surat ke 47 ayat ke 7 dengan semua komponen kaum muslimin dimana pun mereka berada," ucap Erwan Sa'ad diikuti jemaah yang berdiri di belakangnya.

2. Deklarasi tak berizin atau pemberitahuan

Geger! Warga KBB Deklarasikan Diri Jadi Tentara AllahIlustrasi Bersalaman (IDN Times/Sukma Shakti)

Saat ditelusuri di lokasi tersebut, Erwan Sa'ad dikenal warga sekitar sebagai seorang ustadz yang memiliki jemaah sendiri. Saat hendak ditemui, Erwan Sa'ad sedang tidak berada di lokasi.

Ketua RW 03 Supiyandani mengatakan, dirinya cukup kaget mendengar kabar deklarasi itu. Pasalnya, pada waktu deklarasi, dirinya Erwan sama sekali tidak meminta izin atau pemberitahuan terkait adanya deklarasi tersebut.

"Saya malah baru tahu dari video ini. Jujur saya enggak tahu ada deklarasi semacam itu. Ya kaget lah. Karena ya memang tidak ada pemberitahuan ke pengurus RT dan RW. Jadi kalau mau tahu jelasnya deklarasi itu tujuannya apa, harus ke Ustad Erwan," kata Supiyandani saat ditemui, Senin (4/1/2021).

3. RW hanya mengira jemaah biasa

Geger! Warga KBB Deklarasikan Diri Jadi Tentara AllahIlustrasi Muslim di Tiongkok (www.ndtv.com)

Selama tiga tahun dirinya menjabat sebagai RW, Dani sama sekali tidak menaruh curiga pada jemaah yang berada tak jauh dari rumahnya. Selama ini, dirinya hanya mengira jemaah itu hanya sebatas jemaah biasa yang rutin pengajian.

"Sebetulnya mereka ini ya jemaah masjid biasa, yang kegiatannya pengajian. Tapi memang kalau pengurus jarang komunikasi juga dengan mereka. Enggak aneh-aneh juga selama ini," kata Dani.

4. Jemaah sekitar 13 kepala keluarga

Geger! Warga KBB Deklarasikan Diri Jadi Tentara AllahIlustrasi berdoa (IDN Times/Umi Kalsum

Dani menyebutkan, Erwan sebagai pimpinan jemaah sendiri bukanlah warga asli Kampung Sasak Bubur. Namun, sudah sejak lama jemaahnya bermukim di wilayahnya.

"Jemaahnya mungkin sekitar 13 kepala keluarga. Tapi selama ini sosial mereka biasa-biasa saja. Yang bikin kaget itu ada deklarasi seperti ini," pungkasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya