Cari Bukti, KPK Bawa Dua Koper dari Kantor Bupati Aa Umbara

Tim penyidik geledah tiga titik dalam satu hari

Bandung Barat, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membawa dua koper besar yang diduga berisi dokumen berkaitan dengan kasus Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna.

Hari ini, tim penyidik KPK melakukan penggeledahan di sejumlah tempat diantaranya di Kantor Bupati Bandung Barat untuk mengungkap dugaan korupsi yang melibatkan Aa Umbara. 

Tim penyidik KPK melakukan penggeledahan ke ruang-ruang kerja di Kantor Pemda KBB. Mereka memeriksa data keuangan ke masing-masing bagian keuangan, bagian umum sampai bagian protokoler humas.

1. Kantor bupati digeledah selama 11 jam

Cari Bukti, KPK Bawa Dua Koper dari Kantor Bupati Aa UmbaraTim penyidik KPK geledah kantor Bupati KBB. (IDN Times/Bagus F)

Terhitung, tim penyidik KPK melakukan penggeledahan selama 11 jam lamanya. Mereka mulai terjun dengan pengawalan ketat dari kepolisian pada Selasa 16 Maret 2021 jam 9.15 WIB pagi. Sementara mereka selesai sekitar jam 20.00 WIB.

Selama penggeledahan, tim penyidik KPK dikawal oleh Asisten I Bidang Pemerintahan, Imam Santoso. Menjelang sore, Asisten Bidang Administrasi Umum, Agus Maolana mendampingi tim penyidik memeriksa data keuangan.

2. KPK kantongi dokumen menggunakan dua koper satu ransel

Cari Bukti, KPK Bawa Dua Koper dari Kantor Bupati Aa UmbaraTim penyidik KPK geledah kantor Bupati Aa Umbara Sutisna. (IDN Times/Bagus F)

Penggeledahan berakhir sekitar pukul 20.00 WIB. Tim penyidik terpantau membawa sejumlah berkas yang dikantongi menggunakan dua buah koper warna hitam berukuran besar, satu buah dus air mineral serta beberapa buah ransel.

Dengan langkah tegas, para penyidik langsung membuka bagasi mobil dan lekas-lekas meninggalkan gedung pemerintahan Bandung Barat. "Udah, udah (selesai)," kata seorang penyidik ketika ditanya oleh wartawan.

3. KPK juga menyatroni tempat pemotongan ayam dan rumah Bupati di Lembang

Cari Bukti, KPK Bawa Dua Koper dari Kantor Bupati Aa UmbaraTim penyidik KPK geledah tempat pemotongan ayam di Lembang. (IDN Times/Bagus F)

Dalam satu hari, KPK sudah menggeledah tiga titik lokasi yang diduga berkaitan dengan kasus tindak pidana korupsi dalam pengadaan barang tanggap darurat bencana Pandemi COVID-19 pada Dinas Sosial Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat.

Dari kediaman Bupati Aa Umbara di Lembang, tim penyidik mengantongi sejumlah dokumen yang diduga menjadi bukti kasus dugaan korupsi itu.

Selain rumah Umbara, tim penyidik KPK juga menyatroni lokasi pemotongan ayam milik seorang pengusaha bernama Totoh Gunawan yang berada di Desa Jayagiri, Lembang, KBB. Tempat pemotongan itu diduga terlibat dalam pengadaan barang tanggap darurat pandemi COVID-19.

Baca Juga: [BREAKING] Rumah dan Ruang Kerja Bupati Bandung Barat Digeledah KPK

Baca Juga: Geledah Kantor Bupati Aa Umbara, KPK Periksa Gaji dan Arus Keuangan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya