100 Kamar di Wisma Lapang Tembak Cimahi Bakal Jadi Ruang Isolasi

Ruang isolasi dibangun untuk mengantisipasi puncak pandemi

Cimahi, IDN Times - Warga Kota Cimahi digegerkan dengan aktivitas pembangunan ruang isolasi di wisma Lapang Tembak, Gunung Bohong, Kota Cimahi. Pasalnya, wilayah itu akan menjadi zona merah virus corona (COVID-19).

Menanggapi kecemasan warga, Wakil Wali Kota Cimahi, Ngatiyana meminta agar warga tetap tenang dan tidak panik berlebihan. Menurutnya, pembangunan ruang isolasi itu disiapkan sesuai standar penanganan pasien COVID-19.

"Pasti sudah dipertimbangkan dan ada Standar Operasional Prosedur (SOP)-nya, tidak sembarangan. Masyarakat diminta agar tetap tenang," ujar Ngatiyana, Kamis (26/3).

1. Ada sekitar 100 kamar yang akan dijadikan ruang isolasi

100 Kamar di Wisma Lapang Tembak Cimahi Bakal Jadi Ruang IsolasiDok. Humas Cimahi

Pembangunan ruang isolasi itu kata Ngatiyana di bawah tanggung jawab Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Saat ini, pihak TNI sebagai pemilik tempat tengah menyiapkan pembangunan untuk dapur umum.

Ngatiyana menerangkan, rencananya di wisma itu akan ada sekitar 100 kamar yang akan disulap menjadi ruang isolasi Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan pasien Positif Covid-19.

"Sekitar 100 kamar yang akan digunakan, jadi dibagi-bagi untuk ODP, PDP, dan yang positif. Ini juga kan upaya untuk tidak mencampur antara pasien umum dan pasien Covid-19. Penanganan akan lebih terfokus juga," paparnya.

2. Pemkot minta dokter TNI atau Polri bantu Dinkes Cimahi

100 Kamar di Wisma Lapang Tembak Cimahi Bakal Jadi Ruang IsolasiFoto dokter Handoko Gunawan yang membaik di ruang isolasi. Facebook/Saina Lingga

Ngatiyana menyebutkan, saat ini Dinkes Cimahi tengah kewalahan menghadapi pasien COVID-19. Dia berharap, selain meminjamkan lokasi untuk dikonversi menjadi ruang isolasi, dokter dari TNI dan Polri juga diminta untuk bantu Dinkes dalam melakukan penanganan COVID-19 di Puskesmas-Puskesmas.

"Kalau ada gugus tugas yang jelas, jadi penanganan bisa dibagi, mana yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan dan oleh dokter TNI atau Polri. Sekarang kan kondisinya Dinkes kewalahan, semua hal dilaksanakan oleh Dinkes. Kalau ada koordinasi dengan instansi lain, akan meringkankan beban Dinkes," sebutnya.

3. Pembangunan ruang isolasi untuk antisipasi lonjakan pasien

100 Kamar di Wisma Lapang Tembak Cimahi Bakal Jadi Ruang IsolasiIDN Times/Istimewa

Sementara itu, Sekertaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Chanifah Listyarini, sangat mendukung langkah dari pemerintah provinsi dalam melakukan antisipasi dengan membangun ruang isolasi.

"Itu memang hanya langkah antisipasi. Karena maaf, melihat kondisi di Jakarta yang mengubah wisma atlet jadi tempat isolasi dan di Jabar angka positif terus bertambah, tentu langkah seperti ini harus ditempuh," kata Chanifah.

4. Dinkes Cimahi andalkan dua Rumah Sakit

100 Kamar di Wisma Lapang Tembak Cimahi Bakal Jadi Ruang IsolasiIDN Times/Bagus F

Sampai saat ini, Dinkes Cimahi mengandalkan dua Rumah Sakit rujukan untuk penanganan pasien COVID-19. Dua Rumah Sakit itu yakni RSUD Cibabat dan RS Dustira yang memiliki 3 ruang isolasi khusus dan 25 tempat tidur.

"Sebetulnya semua rumah sakit sekarang diharuskan menyiapkan ruang isolasi, hanya saja tidak terstandar. Akhirnya tetap harus dirujuk ke rumah sakit rujukan," jelasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya