Yana Mulyana Bakal Hadir Sidang Dakwaan Bandung Smart City Besok

Yana memiliki riwayat penyakit jantung

Bandung, IDN Times - Kondisi kesehatan Wali Kota Bandung nonaktif Yana Mulyana dalam keadaan baik dan sehat. Maka itu, tersangka kasus korupsi Bandung Smart City ini dipastikan bisa hadir dalam sidang dakwaan di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Rabu (6/9/2023).

Kepala Rutan Kebonwaru Bandung, Suparman mengatakan, kondisi kesehatan Yana Mulyana beserta dua terdakwa lainnya Kadishub Dadang Darmawan dan Sekdishub Khairul Rijal dalam kondisi sehat. Ketiganya dipastikan akan hadir dalam sidang Bandung Smart City.

"Kalau dilihat sekarang, baik kondisinya. Kemarin ada pemeriksaan rutin dari dokter internal kita, jadi mudah-mudahan bisa mengikuti sidang besok hari. Tapi kalau dilihat, kondisinya sehat," ujar Suparman, Selasa (5/9/2023).

1. Rutan Kebonwaru pastikan kesehatan Yana baik

Yana Mulyana Bakal Hadir Sidang Dakwaan Bandung Smart City BesokWakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Kondisi Yana sendiri sebelum ditangkap dan dijadikan tersangka oleh KPK dalam kasus Bandung Smart City mengalami penyakit jantung. Namun untuk persidangan perdana besok, Suparman memastikan, Yana bakal hadir langsung ke Pengadilan Negeri Tipikor Bandung.

"Kalau saat sekarang enggak ada, kemarin ke poliklinik untuk pemeriksaan kesehatan saja. Mudah-mudahan pada waktunya sidang nanti enggak ada kendala," katanya.

2. Berkas Yana Mulyana dan dua orang tersangka sudah diserahkan ke PN Bandung

Yana Mulyana Bakal Hadir Sidang Dakwaan Bandung Smart City BesokIDN Times/Humas Bandung

Untuk diketahui, Jaksa Penuntut KPK telah melimpahkan berkas tiga tersangka ini pada Pengadilan Negeri Tipikor Bandung. Artinya, ketiga terdakwa ini telah siap untuk menjalani sidang dakwaan.

"Sudah. Tadi baru kita rampungkan pelimpahan berkas untuk Pak Yana, Pak Khairul Rijal dan Pak Dadang Darmawan ke Pengadilan Negeri Bandung," ujar Jaksa KPK Titto Jaelani, Kamis (31/8/2023).

3. Yana Mulyana akan didakwa mengenai kasus suap Bandung Smart City

Yana Mulyana Bakal Hadir Sidang Dakwaan Bandung Smart City BesokWali Kota Bandung Yana Mulyana. IDN Times/Humas Bandung

Sementara itu Yana Mulyana sendiri menjalani penahanan sementara di Rutan Kebonwaru sejak tiga minggu kemarin. Adapun sebelumnya Yana ditahan di Rutan KPK. Titto mengatakan, pemindahan penahanan ini dilakukan karena jelang masa persidangan.

Dalam sidang dakwaan nanti, Titto menambahkan, Yana beserta dua orang bawahnya akan diadili dalam kasus suap dan gratifikasi di kasus proyek pengadaan CCTV dan ISP Bandung Smart City.

"Selain suap, tiga terdakwa ini akan kita dakwaan mengenai gratifikasi. Ada di masing-masing dugaan gratifikasinya," katanya.

Baca Juga: Kasus Segera Disidang, Yana Mulyana Ditahan di Lapas Kebonwaru

Baca Juga: Pengadilan Negeri Bandung Segera Gelar Sidang Yana Mulyana

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya