Wirausaha Binaaan Dispora Kota Bandung Sudah Tembus Pasar Ekspor

Pemkot Bandung apresiasi para wirausaha binaan

Bandung, IDN Times - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung menyatakan, produk wirausaha binaan melalui program Cempor (Camp Entrepreneur) sudah ada yang tembus pasar ekspor. Hal itu diklaim merupakan capaian yang baik.

Kepala Dispora Kota Bandung, Edi Marwoto mengatakan, pelatihan progam ini telah berjalan selama satu tahun lamanya. Dalam waktu itu sudah ada 11 pelatihan yang diberikan pada UMKM binaan. Beberapa peserta sudah ada yang melebarkan sayapnya.

"Sampai ada juga yang sudah ditahap ekspor, ini luar biasa baru juga beberapa bulan tapi sudah terlihat progresnya," ujar Edi saat ditemui di sela acara Cempor RENDEZVOUS 2023, di Mall Festival Citylink Bandung, Minggu (19/11/2023).

1. Program ini diberikan agar wirausaha mandiri

Wirausaha Binaaan Dispora Kota Bandung Sudah Tembus Pasar Ekspor(Istimewa)

Cempor sendiri merupakan program unggulan Dispora Kota Bandung, yang diresmikan pada 2022 sebagai sebagai wadah pengembangan pemuda melalui pelatihan wirausaha muda pemula. Peminat program ini diklaimnya sangat banyak peminat.

"Kami memulai program ini ingin bagaimana agar pemuda dapat mandiri, kami lakukan kolaborasi pentahelix di sini ada akademisi, media, peran pemerintah tentunya tidak hanya Dispora, ada UMKM, semua kita libatkan," katanya.

Menurutnya, kesuksesan Cempor yang sudah memasuki tahun ketiga ini, tidak lepas dari dukungan semua pihak, mulai dari Dinas Koperasi dan UMK, Dinas Perdagangan dan Perindustrian.

Selain itu ada juga Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Dinas Penanaman Modal dan Perizinan, Bank BJB, Kementerian Hukum dan HAM, LPH, dan juga para akademisi yang terlibat.

"Berkat dukungan semua pihak pentahelix kolaborasi termasuk juga dari ketua dewan dan Kemenpora, karena kami tidak bisa berjalan sendiri dan tetap bergandengan tangan untuk mewujudkan pemuda pemudi kota Bandung yang mandiri," katanya.

2. Pemerintah pusat memberikan apresiasi

Wirausaha Binaaan Dispora Kota Bandung Sudah Tembus Pasar Ekspor(Istimewa)

Sementara itu Asisten Deputi Bidang Kewirausahaan Pemuda Kemenpora, Hendro Wicaksono, memuji program Cempor yang dianggapnya bisa dijadikan program percontohan bagi daerah lain di Indonesia.

"Cempor ini merupakan suatu terobosan baru ini merupakan suatu upaya Dispora Kota Bandung yang cukup brilian, artinya bagaimana mereka menciptakan wirausaha muda di Kota Bandung ini bisa menjadi percontohan," katanya.

3. DPRD Kota Bandung bakal bantu beri anggaran

Wirausaha Binaaan Dispora Kota Bandung Sudah Tembus Pasar Ekspor(Istimewa)

Sementara itu Tedy Rusmawan, Ketua DPRD Kota Bandung yang turut hadir dalam acara tersebut mengaku mendukung penuh program Cempor, dan tidak ragu untuk menaikkan anggaran jika memang program tersebut benar-benar berdampak positif.

"Dewan insya Allah mendukung penuh acara ini, kalau programnya jelas bahwa ini betul-betul dirasakan ada atensi dari dari peserta kenapa tidak untuk ditingkatkan pendanaannya,” kata Tedy.

Sebagai informasi acara Cempor RENDEZVOUS 2023 yang berlangsung di Festival Citylink Bandung, merupakan rangkaian Cempor angkatan ketiga, di mana nantinya 30 peserta terpilih akan dikukuhkan melalui camp.

Sebelumnya, para peserta juga telah melalui serangkaian program mulai dari registrasi, kurasi, talent mapping, pelatihan dasar, pendampingan, asistensi, hingga temu bisnis memamerkan produknya dalam acara RENDEZVOUS 2023.

Baca Juga: Ribuan Orang Berburu Pekerjaan di Job Fair yang Digelar Pemkot Bandung

Baca Juga: Laman Resmi Pemkot Bandung Diretas, Beritakan Ganjar dan PDIP

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya