Wagub Jabar Pasrah! Proyek Tol Cigatas Molor Sampai 2029

Pembangunan tol terkendala soal pembebasan lahan

Bandung, IDN Times - Pengerjaan pembangunan proyek tol Cigatas (Cileunyi, Garut, Tasikmalaya) dipastikan molor hingga 2029. Tol yang masuk proyek Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap atau Getaci itu molor karena menemui kendala soal pembebasan lahan.

Hal ini disampaikan langsung oleh Wakil Gubernur Jabar, UU Ruzhanul Ulum, di sela menerima kunjungan kerja komisi V DPR RI di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Bandung, Senin (10/10/2022).

"Progres tentang Tol Cigatas. Memang jawabannya untuk Cigatas ini agak molor sampai selesainya di 2029 karena permasalahannya pembebasan lahannya yang dianggap agak panjang dan agak sulit dibandingkan dengan yang lainnya," ujar Uu.

1. Uu sebut pemerintah tidak serius

Wagub Jabar Pasrah! Proyek Tol Cigatas Molor Sampai 2029Ilustrasi Infrastruktur Jalan Kota (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurutnya, pemerintah pusat kurang serius dalam mengerjakan proyek dengan total anggaran puluhan triliun rupiah itu. Padahal, kata Uu, jalan tol ini sangat diharapakan dan ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

"Kalau diperpanjang lagi sampai 2029 menurut kami pemerintah pusat tidak serius, tidak tahu kebutuhan kami di wilayah Jawa Barat. Padahal sangat mendesak, bisa kita undang lihat pemerintah untuk mengikuti alur jalan Tasik-Bandung," ungkapnya.

2. Pemerintah pusat beralasan terkendala soal pembebasan lahan

Wagub Jabar Pasrah! Proyek Tol Cigatas Molor Sampai 2029IDN Times/Ronaldirwan

Uu sendiri sebelumnya mendengar informasi bahwa pembangunan tol ini akan selesai pada 2024 bersamaan dengan selesainya kepemimpinan Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Namun, kabar teranyar justru molor hingga 2029.

"Sekarang katanya 2029 dengan alasan pembebasan tanah sebenarnya. Kami pemerintah provinsi juga siap memfasilitasi untuk membantu untuk berkomunikasi dengan masyarakat," ucapnya.

3. Proyek tol harus rampung sesuai amanat presiden

Wagub Jabar Pasrah! Proyek Tol Cigatas Molor Sampai 2029IDN Times/Humas Jabar

Uu juga khawatir jika pembangunan tidak sesuai target, kepemimpinan atau presiden selanjutnya tidak memegang komitmen untuk menyelesaikan proyek tol yang digandang-gadang terpanjang di Indonesia ini.

"Siapa tahu pemimpin yang akan datang tidak merespons, tidak komitmen, kalau kepemimpinan pak Jokowi jelas kan komitmennya sekarang kenapa di mundur sampai 2029 itu menurut saya ngajenghok (tersentak)," katanya.

Dengan kondisi ini, Uu berharap target pengerjaan tetap bisa selesai dengan akhir kepemimpinan Presiden Jokowi. Adapun soal pembebasan lahan, Pemprov Jabar kata dia siap memfasilitasi.

"Kalau masalah (lahan) kami siap membantu memfasilitasi berkomunikasi dengan masyarakat seadanya ada kendala," kata dia.

Baca Juga: Wagub Uu Minta Pemerintah Pusat Segera Realisasikan Tol Cigatas

Baca Juga: Ridwan Kamil Sebut Pembangunan Tol Cigatas Janji Presiden Jokowi

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya